Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Drama Tari musik La-Tahzan Pada Penbelajaran Seni Budaya Kelas IX SMP IT A-Raihan Bantul

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta mengimplementaikan a) Struktur dan tekstur drama tari musik “La Tahzan”. b) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya sebagai materi pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Pert...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUSPITASARI, Dini
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: Jur. Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41771
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta mengimplementaikan a) Struktur dan tekstur drama tari musik “La Tahzan”. b) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya sebagai materi pembelajaran seni budaya di Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas IX semester II khususnya seni drama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan objek siswa kelas IX SMP IT AR-RAIHAN. Subjek penelitian Nilai-nilai pendidikan karakter drama tari musik “La-Tahzan”. Struktur drama meliputi alur, karakter, latar, dan tema. Kedua, tekstur drama meliputi dialog, suasana, dan spektakel. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan metode triangulasi dengan sumber dan metode. Analisis data yang dilakukan dalam penulisan ini analisis data interaktif. Struktur drama tari musik “La-Tahzan” yang terdiri dari alur dengan tahapan pertama eksposisi, kedua rangsangan, ketiga konflik, keempat rumitan, kelima krisis (klimaks), keenam resolusi, ketujuh keputusan atau tahap leraian. Tekstur drama tari musik “La-Tahzan” terdiri dari pertama dialog yang dilakukan oleh tokoh Indun, Gagah, temanteman Indun, Setan Hasrat, dan Narator. Kedua suasana yang dihadirkan tegang dan sedih. Ketiga spektakelnya yaitu unsur cahaya, busana, move-ment, blocking, gesture, kinetik yang diperankan untuk mengarahkan emosi penonton. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam drama tari musik “La-Tahzan” adalah nilai-nilai pendidikan karakter religius (agama), Toleransi, Kerja Keras, Bersahabat atau Komunikatif, Peduli Sosial yang berguna untuk bahan ajar bagi guru siswa setingkat SMP untuk membentuk karakter siswa. Hasil dari penelitian ini peserta didik dapat mempraktikan naskah fragmen drama tari musik “La-Tahzan” dan metode yang digunakan sesuai dengan pembelajaran drama tari musik “La-Tahzan” pada pembelajaran drama mata pelajaran Seni Budaya di SMP IT AR-RAIHAN Bantul.