Pembelajaran Tari Wijaya Kusuma Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Di SMP N 3 Jetis Bantul

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Tari Wijaya Kusuma dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta. Pembelajaran Tari Wijaya Kusuma dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tari di DIY Yogyakarta khususnya tari kreasi baru dalam kegiat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANDARI
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yk. 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41774
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Tari Wijaya Kusuma dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta. Pembelajaran Tari Wijaya Kusuma dilaksanakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang tari di DIY Yogyakarta khususnya tari kreasi baru dalam kegiatan ekstrakurikuler di SMP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 30 peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari. Pembelajaran Tari Wijaya Kusuma menggunakan metode ceramah, demonstrasi, latihan, dan imitasi. Proses pembelajaran ditekankan pada teknik penyampaian setiap geraknya. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dan dianalisis situasi dan diteliti sehingga memperoleh gambaran umum yang menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran Tari Wijaya Kusuma berjalan cukup baik dilihat dari aspek gerak tangan, gerak kaki, dan pola lantai. Peserta didik bisa menerima materi Tari Wijaya Kusuma dan menarikannya. Dengan demikian hasil dari penelitian ini siswa mampu menarikan Tari Wijaya Kusuma.