Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemampuan seorang guru mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan emosional. Guru dapat memberikan solusi terhadap siswa yang memiliki latar belakang masalah dan minat belajarnya rendah menjadi lebih baik, hal itu terjadi di SMP PIRI...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yk.
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41776 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-41776 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-417762020-04-09T13:41:47Z Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta NUGROHO, Kantoko Satmo Pendekatan Emosional strategi pembelajaran pendidikan seni pertunjukan FSP ISI Yk. 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41776 PSP/Nug/s/2019 Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemampuan seorang guru mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan emosional. Guru dapat memberikan solusi terhadap siswa yang memiliki latar belakang masalah dan minat belajarnya rendah menjadi lebih baik, hal itu terjadi di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Pokok permasalahan yang diangkat adalah penggunaan pendekatan emosional guru dalam memberikan solusi pada siswa yang memiliki masalah dan masalah tersebut berpengaruh pada proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran Seni Budaya, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII B untuk mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian dilakukan sejak bulan Februari sampai Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan sesuai dengan fakta yang ada. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas VIII B mata pelajaran Seni Budaya semester genap tahun ajaran 2018-2019. Metode pengumpulan datanya studi pustaka, observasi, dan wawancara; sedangkan uji validitasnya menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan emosional dapat memberikan solusi pada permasalahan yang siswa alami pada proses pembelajaran. Pendekatan emosional memberikan dampak perubahan pada siswa yang memiliki masalah pada proses pembelajaran. Perubahan tersebut berupa perubahan sikap yang dulunya siswa sangat tidak peduli dengan pembelajaran menjadi antusias saat mengikuti pembelajaran seni budaya. Perubahan juga terjadi pada perilaku siswa, perilaku siswa yang dulunya tidak patuh kepada guru menjadi patuh dan dekat dengan guru. Perubahan emosi juga terjadi pada siswa, emosi siswa yang dulunya negatif yaitu mudah marah menjadi lebih sabar dan bisa mengendalikan emosinya. Perubahan tersebut juga mempengaruhi pada hasil belajar siswa yang meningkat diantaranya penilaian semester dan penilaian sikap. Yogyakarta xiii, 72 hal.: ilus.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Pendekatan Emosional strategi pembelajaran pendidikan seni pertunjukan NONE |
spellingShingle |
Pendekatan Emosional strategi pembelajaran pendidikan seni pertunjukan NONE NUGROHO, Kantoko Satmo Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta |
description |
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemampuan seorang guru mengatasi permasalahan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan emosional. Guru dapat memberikan solusi terhadap siswa yang memiliki latar belakang masalah dan minat belajarnya rendah menjadi lebih baik, hal itu terjadi di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Pokok permasalahan yang diangkat adalah penggunaan pendekatan emosional guru dalam memberikan solusi pada siswa yang memiliki masalah dan masalah tersebut berpengaruh pada proses pembelajaran. Penelitian dilakukan di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran Seni Budaya, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII B untuk mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian dilakukan sejak bulan Februari sampai Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan sesuai dengan fakta yang ada. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas VIII B mata pelajaran Seni Budaya semester genap tahun ajaran 2018-2019. Metode pengumpulan datanya studi pustaka, observasi, dan wawancara; sedangkan uji validitasnya menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan emosional dapat memberikan solusi pada permasalahan yang siswa alami pada proses pembelajaran. Pendekatan emosional memberikan dampak perubahan pada siswa yang memiliki masalah pada proses pembelajaran. Perubahan tersebut berupa perubahan sikap yang dulunya siswa sangat tidak peduli dengan pembelajaran menjadi antusias saat mengikuti pembelajaran seni budaya. Perubahan juga terjadi pada perilaku siswa, perilaku siswa yang dulunya tidak patuh kepada guru menjadi patuh dan dekat dengan guru. Perubahan emosi juga terjadi pada siswa, emosi siswa yang dulunya negatif yaitu mudah marah menjadi lebih sabar dan bisa mengendalikan emosinya. Perubahan tersebut juga mempengaruhi pada hasil belajar siswa yang meningkat diantaranya penilaian semester dan penilaian sikap. |
format |
Tugas Akhir |
author |
NUGROHO, Kantoko Satmo |
author_facet |
NUGROHO, Kantoko Satmo |
author_sort |
NUGROHO, Kantoko Satmo |
title |
Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_short |
Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_full |
Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_fullStr |
Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Strategi Pembelajaran Seni Budaya Di Kelas VIII B SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_sort |
strategi pembelajaran seni budaya di kelas viii b smp piri 1 yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yk. |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41776 |
_version_ |
1741201528578899968 |