Pembelajaran Ansambel Angklung Di SMP N 3 Banguntapan

Penelitian ini menggunakan sampel kelas IX D dengan jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini berusaha mendeskripsikan proses dan dampak pembelajaran ansambel an...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: UTAMA, Muhammad Purnawan Angga
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41778
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini menggunakan sampel kelas IX D dengan jumlah siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini berusaha mendeskripsikan proses dan dampak pembelajaran ansambel angklung tersebut apa adanya. Observasi, wawancara, dan studi dokumen digunakan dalam penelitian ini, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah pembelajaran ansambel tersebut terdiri atas pembelajaran teori dan praktik. Pembelajaran teori membahas tentang ansambel sejenis, ansambel campuran, alat musik ansambel sejenis dan campuran, angklung melodi, dan angklung akord; sedangkan pembelajaran praktik meliputi teknik bermain angklung melodi, teknik bermain angklung akord, teknik bermain angklung menggunakan tempo dan harmoni, serta teknik memainkan lagu modern. Pembelajaran tersebut mempengaruhi pembentukan karakter siswa,khususnya pada aspek percaya diri, tanggung jawab, kedisiplinan, dan kerjasama