Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penilitian ini adalah pembelajaran Seni Teater pada materi menulis naskah fragmen, sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP N 16 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi pust...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMARARATRI, Sylva Lundia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41779
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penilitian ini adalah pembelajaran Seni Teater pada materi menulis naskah fragmen, sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP N 16 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media naskah drama Rais Tamas mampu menstimulus siswa dalam membuat naskah. Siswa mampu menulis naskah setelah adanya contoh yang ada pada nakah drama Rais Tamas. Dari pembelajaran ini siswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan langkah-langkah teknik menulis naskah fragmen, melakukan eskplorasi tokoh dan watak, serta mampu menulis naskah fragmen sesuai dengan struktur naskah