Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penilitian ini adalah pembelajaran Seni Teater pada materi menulis naskah fragmen, sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP N 16 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi pust...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMARARATRI, Sylva Lundia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41779
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41779
record_format oai_dc
spelling isilib-417792020-04-09T14:36:11Z Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta AMARARATRI, Sylva Lundia Naskah drama Menulis Naskah Fragmen Rais Tamas FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41779 PSP/Ama/n/2019 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penilitian ini adalah pembelajaran Seni Teater pada materi menulis naskah fragmen, sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP N 16 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media naskah drama Rais Tamas mampu menstimulus siswa dalam membuat naskah. Siswa mampu menulis naskah setelah adanya contoh yang ada pada nakah drama Rais Tamas. Dari pembelajaran ini siswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan langkah-langkah teknik menulis naskah fragmen, melakukan eskplorasi tokoh dan watak, serta mampu menulis naskah fragmen sesuai dengan struktur naskah Yogyakarta xiv+164 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Naskah drama
Menulis Naskah Fragmen
Rais Tamas
NONE
spellingShingle Naskah drama
Menulis Naskah Fragmen
Rais Tamas
NONE
AMARARATRI, Sylva Lundia
Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta
description Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penilitian ini adalah pembelajaran Seni Teater pada materi menulis naskah fragmen, sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP N 16 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskripsi kualitatif dan disajikan dengan teks bersifat naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan media naskah drama Rais Tamas mampu menstimulus siswa dalam membuat naskah. Siswa mampu menulis naskah setelah adanya contoh yang ada pada nakah drama Rais Tamas. Dari pembelajaran ini siswa mampu mengidentifikasi dan mendeskripsikan langkah-langkah teknik menulis naskah fragmen, melakukan eskplorasi tokoh dan watak, serta mampu menulis naskah fragmen sesuai dengan struktur naskah
format Tugas Akhir
author AMARARATRI, Sylva Lundia
author_facet AMARARATRI, Sylva Lundia
author_sort AMARARATRI, Sylva Lundia
title Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta
title_short Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta
title_full Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta
title_fullStr Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta
title_full_unstemmed Naskah Drama Rais Tamas Sebagai Media Pembelajaran Seni Teater: Studi Kasus Penulisan Naskah Fragmen Di SMP N 16 Yogyakarta
title_sort naskah drama rais tamas sebagai media pembelajaran seni teater: studi kasus penulisan naskah fragmen di smp n 16 yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41779
_version_ 1741201529162956800