Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan sampel Guru pembimbing/instruktur ekstrakurikuler orkestra , Humas SMA Negeri 1 Yogyakarta dan beberapa anggota ekstrakurikuler orkestra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini berusaha mendeskripsika...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41801 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-41801 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-418012020-04-15T11:46:26Z Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta PUTRI, Yuana Eka Nilai – nilai Pendidikan Karakter Ekstrakurikuler Orkestra Pembelajaran Orkestra FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41801 PSP/Put/n/2019 Penelitian ini menggunakan sampel Guru pembimbing/instruktur ekstrakurikuler orkestra , Humas SMA Negeri 1 Yogyakarta dan beberapa anggota ekstrakurikuler orkestra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini berusaha mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler orkestra dengan menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan studi dokumen digunakan dalam penelitian ini, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah pembelajaran orkestra tersebut terdiri atas pembelajaran teori dan praktik. Pembelajaran teori membahas teori dasar musik, alat musik yang ada di dalam sebuah orkestra dan lagu/materi bacaan sedangkan pembelajaran praktik meliputi teknik bermain, aturan di dalam orkestra, strategi pembelajaran dan penerapan lagu yang dibawakan terdapat 18 pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler orkestra. Meliputi Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan atau Nasionalisme, Cinta Tanah Air, Menghargai prestrasi, Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab. Yogyakarta xiii+92 hal., 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Nilai – nilai Pendidikan Karakter Ekstrakurikuler Orkestra Pembelajaran Orkestra NONE |
spellingShingle |
Nilai – nilai Pendidikan Karakter Ekstrakurikuler Orkestra Pembelajaran Orkestra NONE PUTRI, Yuana Eka Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta |
description |
Penelitian ini menggunakan sampel Guru pembimbing/instruktur ekstrakurikuler orkestra , Humas SMA Negeri 1 Yogyakarta dan beberapa anggota ekstrakurikuler orkestra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini berusaha mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler orkestra dengan menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan studi dokumen digunakan dalam penelitian ini, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah pembelajaran orkestra tersebut terdiri atas pembelajaran teori dan praktik. Pembelajaran teori membahas teori dasar musik, alat musik yang ada di dalam sebuah orkestra dan lagu/materi bacaan sedangkan pembelajaran praktik meliputi teknik bermain, aturan di dalam orkestra, strategi pembelajaran dan penerapan lagu yang dibawakan terdapat 18 pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler orkestra. Meliputi Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan atau Nasionalisme, Cinta Tanah Air, Menghargai prestrasi, Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PUTRI, Yuana Eka |
author_facet |
PUTRI, Yuana Eka |
author_sort |
PUTRI, Yuana Eka |
title |
Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta |
title_short |
Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta |
title_full |
Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta |
title_fullStr |
Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta |
title_sort |
nilai – nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran ekstrakurikuler orkestra di sma negeri 1 yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41801 |
_version_ |
1741201533124476928 |