Implementasi Media Audiovisual pada Pembelajaran Seni Budaya untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta
Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kelas IX E di SMP Negeri 9 Yogyakarta belum memahami materi bernyayi unisono. Adapun tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya siswa melalui penggunaan media audiovisual dalam mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mend...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Pendidikan Seni Pertunjukan FSP ISI Yk.
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41816 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini dilatarbelakangi siswa kelas IX E di SMP Negeri 9 Yogyakarta belum memahami materi bernyayi unisono. Adapun tujuannya untuk meningkatkan rasa percaya siswa melalui penggunaan media audiovisual dalam mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan implementasi media audiovisual untuk meningkatkan rasa percaya diri. Objek penelitian adalah kelas IX E untuk mata pelajaran Seni Budaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan rasa percaya diri siswa di kelas IX E, yaitu 1) berani mencoba hal baru, 2) berani mengemukakan pendapat, 3) berani tampil di depan kelas, 4) berani tanggung jawab dengan tugasnya, 5) memberikan argumen yang kuat untuk mempertahankan pendapat, dan 6) mengungkapkan kritikan membangun terhadap karya orang lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dapat meningkatkan rasa percaya siswa kelas IX E di SMP Negeri 9 Yogyakarta. |
---|