Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMELIA, Rosa
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Pend. Musik FSP ISI Yk. 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41817
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis dan teknik bermain biola. Peneliti menghadirkan metode eurhythmics Dalcroze agar pembelajaran lebih bervariatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Contoh penerapan metodeeurhythmics adalah murid mendapatkan solfeggio, eurhythmics, dan improvisasi, . Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metodeeurhythmics Dalcroze dapat meningkatkan kemampuan bermain biola dalam pembelajaran biola tingkat dasar mengunakan metode Dalcroze di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta.