Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AMELIA, Rosa
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Pend. Musik FSP ISI Yk. 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41817
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41817
record_format oai_dc
spelling isilib-418172020-04-15T14:31:48Z Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta AMELIA, Rosa pembelajaran biola Metode Eurhythmics Dalcroze Jur. Pend. Musik FSP ISI Yk. 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41817 MS/Ame/p/2019 Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis dan teknik bermain biola. Peneliti menghadirkan metode eurhythmics Dalcroze agar pembelajaran lebih bervariatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Contoh penerapan metodeeurhythmics adalah murid mendapatkan solfeggio, eurhythmics, dan improvisasi, . Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metodeeurhythmics Dalcroze dapat meningkatkan kemampuan bermain biola dalam pembelajaran biola tingkat dasar mengunakan metode Dalcroze di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta. Yogyakarta xiii, 64 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic pembelajaran biola
Metode Eurhythmics Dalcroze
NONE
spellingShingle pembelajaran biola
Metode Eurhythmics Dalcroze
NONE
AMELIA, Rosa
Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
description Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis dan teknik bermain biola. Peneliti menghadirkan metode eurhythmics Dalcroze agar pembelajaran lebih bervariatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Contoh penerapan metodeeurhythmics adalah murid mendapatkan solfeggio, eurhythmics, dan improvisasi, . Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metodeeurhythmics Dalcroze dapat meningkatkan kemampuan bermain biola dalam pembelajaran biola tingkat dasar mengunakan metode Dalcroze di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta.
format Tugas Akhir
author AMELIA, Rosa
author_facet AMELIA, Rosa
author_sort AMELIA, Rosa
title Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
title_short Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
title_full Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
title_fullStr Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
title_full_unstemmed Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
title_sort penerapan metode eurhythmics dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di sanggar ansambel musik suronatan yogyakarta
publisher Jur. Pend. Musik FSP ISI Yk.
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41817
_version_ 1741201535998623744