Pembelajaran Biola pada Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Yogyakarta
SMP Negeri 7 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pembelajaran biola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil ekstrakurikuler pembelajaran biola dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, waw...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Yogyakarta: FSP ISI Yk, 2019
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41821 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | SMP Negeri 7 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler pembelajaran biola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil ekstrakurikuler pembelajaran biola dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, guru dan siswa merupakan informan utama. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sebagai triangulasi, peneliti memanfaatkan informasi dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, kesiswaan, dan humas, serta informasi dari bagian tata usaha. Hasil peneltian menunjukkan bahwa pada proses pembelajaran biola dibagi meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Metode yang digunakan pada saat pembelajaran berlangsung masih tergolong metode yang sering digunakan pada umumnya yaitu metode ceramah, demonstrasi, imitasi, drill, diskusi, dan tanya jawab. Selain metode tersebut, guru juga mengadopsi beberapa unsur dari metode suzuki sebagai metode khusus untuk pembelajaran biola. Materi yang diajarkan bersumber dari buku SuzukiViolin School Vol 1, buku 100 Etuden Op. 6 Vol 1 Ferdinan Kuchler dan lagu yang diaransemen oleh guru sendiri. Hasil dari pembelajaran biola disimpulkan berdasarkan evaluasi dan aspek penilaian. |
---|