Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Musik Kelas VIII A di SMP Piri 1 Yogyakarta
Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberhasilan pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembeljaran Seni Musik kelas VIII A di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Guru dapat mengatasi rendahnya minat belajar siswa dengan pemberian reward dan punishme...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Pend. Seni Pertunjukan FSP ISI Yk.
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41822 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberhasilan pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembeljaran Seni Musik kelas VIII A di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Guru dapat mengatasi rendahnya minat belajar siswa dengan pemberian reward dan punishmen. Efektivitas pemberian reward dan punishment ini dapat memperbaiki proses pembelajaran Seni Budaya. Penelitian dilakukan di SMP PIRI 1 Yogyakarta. Objek penelitiannya adalah proses pembelajaran Seni Budaya, sedangkan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII A untuk mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian dilakukan sejak bulan Januari sampai Mei 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan sesuai dengan fakta yang ada. Subjek penelitian siswa dan guru kelas VIII A pada mata pelajaran Seni Budaya semester Gasal Tahun Ajaran 2018-2019. Metode pengumpulan datanya studi pustaka, observasi, dan wawancara; sedangkan uji validitasnya menggunakan triangulasi metode, sumber, dan teknik pengambilan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima jenis pemberian reward dan pemberian punishment. Adapun tingkatannya kecil, sedang, dan besar. Tingkatan punishment yaitu ringan, sedang, dan berat. Pemberian reward dan punishment dapat mengoptimalkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pemberian reward berdampak positif mendorong siswa berkompetisi sehingga nilai yang dicapai meningkat, sedangkan pemberian reward berlebihan dapat menjadikan siswa ketergantungan dengan adanya pemberian reward. Pemberian punishment berdampak positif menjadikan siswa berusaha melaksanakan tugas untuk menghindari hukuman, namun pemberian punishment berlebihan dapat menjadikan siswa benci kepada guru dan pelajaran. |
---|