Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun

Pembuatan gerakan animasi wajah memerlukan penyesuaian gerakan alami dan detail untukmembuat ekspresi wajah menjadi menarik dan lebih realistik. Teknologi motion capturemerupakan alternatif perancangan teknologi tepat guna yang sampai saat ini masih terusdikembangkan berdasarkan kasus yang dihadapi....

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Authors: SULISTIYONO, Arif, Agnes Widyasmoro, Lucia Dwi Krisnawati, Aditya Wikan Mahastama
Format: Penelitian
Language:Indonesian
Published: Lembaga Penelitian ISI Yk 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41829
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41829
record_format oai_dc
spelling isilib-418292020-04-17T09:43:36Z Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun SULISTIYONO, Arif Agnes Widyasmoro Lucia Dwi Krisnawati Aditya Wikan Mahastama motion capture ekspresi wajah animasi 3d Lembaga Penelitian ISI Yk 2018 id Penelitian http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41829 PEN/TV/Sul/a/2018 Pembuatan gerakan animasi wajah memerlukan penyesuaian gerakan alami dan detail untukmembuat ekspresi wajah menjadi menarik dan lebih realistik. Teknologi motion capturemerupakan alternatif perancangan teknologi tepat guna yang sampai saat ini masih terusdikembangkan berdasarkan kasus yang dihadapi. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasiperforma sintesis ekspresi wajah manusia yang ditangkap dengan teknologi motion capture kemodel 3D dengan mengacu pada teori Facial Action Coding System.Hasil evaluasi pada enam ekspresi dasar yang digunakan pada tahap pengujian, yaitu: sedih,senang, marah, takut, jijik dan terkejut, hasil retargeting RBF dapat memetakan ulang titik fiturpada wajah model 3D sesuai dengan pergerakan titik marker pada citra wajah 2D yang menjadiwajah sumber animasi. Berdasarkan perubahan yang terjadi ternyata sesuai dengan persyaratanminimal pada perubahan FACS, sehingga ekspresi yang terbentuk sesuai dengan ekspresirealistik menurut FACS dan sistem ini dapat diterapkan menjadi sebuah inovasi teknologi tepatguna di sektor industri animasi Indonesia.Presentase hasil kuisioner persepsi visual penonton yang didapatkan secara umum tentangimplementasi sintesis ekspresi wajah ke model 3D menunjukkan secara nyata bahwavisualisasi ekspresi wajah walaupun telah memenuhi syarat teoritis, ternyata padaimplementasinya tidak selalu mampu menggambarkan sempurna kondisi yang diinginkan,yaitu rerata persentase ekspresi wajah mudah dikenali sebesar 80,13%. Ekspresi terkejutmemiliki persentasi paling tinggi mudah dikenali, yaitu: 89,32%. Ekspresi senang: 84,63 %,ekspresi sedih: 77,32%, ekspresi marah: 76,64%, ekspresi jijik: 76,45%, serta ekspresi takut:76,44%. Oleh karena itu pengaruh animator dalam kendali perbaikan ekspresi secara mikroataupun penambahan unsur prinsip exaggeration di pembuatan animasi ekspresi wajah sangatpenting untuk menghasilkan ekspresi wajah yang mudah dikenali oleh penonton. Yogyakarta iv+30+7+14+7+7+14 hlm.: ilus.; jurnal; makalah; la PEN/TV/Sul/a/2018 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic motion capture
ekspresi wajah
animasi 3d
PEN/TV/Sul/a/2018
spellingShingle motion capture
ekspresi wajah
animasi 3d
PEN/TV/Sul/a/2018
SULISTIYONO, Arif
Agnes Widyasmoro
Lucia Dwi Krisnawati
Aditya Wikan Mahastama
Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun
description Pembuatan gerakan animasi wajah memerlukan penyesuaian gerakan alami dan detail untukmembuat ekspresi wajah menjadi menarik dan lebih realistik. Teknologi motion capturemerupakan alternatif perancangan teknologi tepat guna yang sampai saat ini masih terusdikembangkan berdasarkan kasus yang dihadapi. Pada penelitian ini akan dilakukan evaluasiperforma sintesis ekspresi wajah manusia yang ditangkap dengan teknologi motion capture kemodel 3D dengan mengacu pada teori Facial Action Coding System.Hasil evaluasi pada enam ekspresi dasar yang digunakan pada tahap pengujian, yaitu: sedih,senang, marah, takut, jijik dan terkejut, hasil retargeting RBF dapat memetakan ulang titik fiturpada wajah model 3D sesuai dengan pergerakan titik marker pada citra wajah 2D yang menjadiwajah sumber animasi. Berdasarkan perubahan yang terjadi ternyata sesuai dengan persyaratanminimal pada perubahan FACS, sehingga ekspresi yang terbentuk sesuai dengan ekspresirealistik menurut FACS dan sistem ini dapat diterapkan menjadi sebuah inovasi teknologi tepatguna di sektor industri animasi Indonesia.Presentase hasil kuisioner persepsi visual penonton yang didapatkan secara umum tentangimplementasi sintesis ekspresi wajah ke model 3D menunjukkan secara nyata bahwavisualisasi ekspresi wajah walaupun telah memenuhi syarat teoritis, ternyata padaimplementasinya tidak selalu mampu menggambarkan sempurna kondisi yang diinginkan,yaitu rerata persentase ekspresi wajah mudah dikenali sebesar 80,13%. Ekspresi terkejutmemiliki persentasi paling tinggi mudah dikenali, yaitu: 89,32%. Ekspresi senang: 84,63 %,ekspresi sedih: 77,32%, ekspresi marah: 76,64%, ekspresi jijik: 76,45%, serta ekspresi takut:76,44%. Oleh karena itu pengaruh animator dalam kendali perbaikan ekspresi secara mikroataupun penambahan unsur prinsip exaggeration di pembuatan animasi ekspresi wajah sangatpenting untuk menghasilkan ekspresi wajah yang mudah dikenali oleh penonton.
format Penelitian
author SULISTIYONO, Arif
Agnes Widyasmoro
Lucia Dwi Krisnawati
Aditya Wikan Mahastama
author_facet SULISTIYONO, Arif
Agnes Widyasmoro
Lucia Dwi Krisnawati
Aditya Wikan Mahastama
author_sort SULISTIYONO, Arif
title Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun
title_short Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun
title_full Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun
title_fullStr Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun
title_full_unstemmed Aplikasi Teknik Pembangkitan Animasi Ekspresi Wajah 3D Berbasis Teknologi Motion CaptureTahun ke-2 dari rencana 2 tahun
title_sort aplikasi teknik pembangkitan animasi ekspresi wajah 3d berbasis teknologi motion capturetahun ke-2 dari rencana 2 tahun
publisher Lembaga Penelitian ISI Yk
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41829
_version_ 1741201538260402176