Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet

Dalam berbagai aliran musik, pergerakan nada bass atau bassline sangat mempengaruhi konstruksi dari sebuah musik. Jazz adalah aliran musik yang memberikan kebebasan pada setiap individu untuk menginterpretasikan musik yang dibawakan sesuai dengan keinginan dari pemain. Pada aliran musik swing jazz,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LEOMINARDO, Samuel Yosia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Musik FSP ISI Yk. 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41846
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41846
record_format oai_dc
spelling isilib-418462020-04-20T14:24:27Z Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet LEOMINARDO, Samuel Yosia Duet Double Bass dan Cornet Lagu Honeysuckle Rose Analisis Bassline Ray Brown Jur. Musik FSP ISI Yk. 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41846 MS/Leo/a/2019 Dalam berbagai aliran musik, pergerakan nada bass atau bassline sangat mempengaruhi konstruksi dari sebuah musik. Jazz adalah aliran musik yang memberikan kebebasan pada setiap individu untuk menginterpretasikan musik yang dibawakan sesuai dengan keinginan dari pemain. Pada aliran musik swing jazz, nada bass dimainkan dengan gaya nada yang berjalan atau walking bass dan memiliki fungsi menjabarkan sebuah akord dalam sebuah progresi akord. Dalam format duet, Ray Brown mengiringi instrumen cornet yang memainkan melodi utama, menyebabkan nada bass menjadi satu-satunya nada yang menentukan sebuah akord. Dalam membentuk sebuah walking bass, dibutuhkan target note dan approach note, hasil dari analisis yang dilakukan membuktikan bahwa approach note dan target note yang dipilih Ray Brown sangat berbeda dengan bahan pembandingnya yaitu Ed Fedewa. Bassline Ray Brown didominasi oleh nada-nada yang menghasilkan reharmonisasi. Ray Brown juga kerap menggunakan gaya melodi bass dalam mengganti gaya walking bass. Pada akhir dari analisis peneliti menemukan bahwa Ray Brown membuktikan bahwa pada irama swing jazz, ketika nada bass menjadi patokan utama dalam menentukan akord, pemain bass memiliki keleluasaan yang lebih, dibandingkan dengan format umum, yaitu ketika instrumen yang bermain nada bass harus berintegerasi dengan instrumen lain dalam menentukan sebuah akord. Yogyakarta xv,154 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Duet Double Bass dan Cornet
Lagu Honeysuckle Rose
Analisis Bassline Ray Brown
NONE
spellingShingle Duet Double Bass dan Cornet
Lagu Honeysuckle Rose
Analisis Bassline Ray Brown
NONE
LEOMINARDO, Samuel Yosia
Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet
description Dalam berbagai aliran musik, pergerakan nada bass atau bassline sangat mempengaruhi konstruksi dari sebuah musik. Jazz adalah aliran musik yang memberikan kebebasan pada setiap individu untuk menginterpretasikan musik yang dibawakan sesuai dengan keinginan dari pemain. Pada aliran musik swing jazz, nada bass dimainkan dengan gaya nada yang berjalan atau walking bass dan memiliki fungsi menjabarkan sebuah akord dalam sebuah progresi akord. Dalam format duet, Ray Brown mengiringi instrumen cornet yang memainkan melodi utama, menyebabkan nada bass menjadi satu-satunya nada yang menentukan sebuah akord. Dalam membentuk sebuah walking bass, dibutuhkan target note dan approach note, hasil dari analisis yang dilakukan membuktikan bahwa approach note dan target note yang dipilih Ray Brown sangat berbeda dengan bahan pembandingnya yaitu Ed Fedewa. Bassline Ray Brown didominasi oleh nada-nada yang menghasilkan reharmonisasi. Ray Brown juga kerap menggunakan gaya melodi bass dalam mengganti gaya walking bass. Pada akhir dari analisis peneliti menemukan bahwa Ray Brown membuktikan bahwa pada irama swing jazz, ketika nada bass menjadi patokan utama dalam menentukan akord, pemain bass memiliki keleluasaan yang lebih, dibandingkan dengan format umum, yaitu ketika instrumen yang bermain nada bass harus berintegerasi dengan instrumen lain dalam menentukan sebuah akord.
format Tugas Akhir
author LEOMINARDO, Samuel Yosia
author_facet LEOMINARDO, Samuel Yosia
author_sort LEOMINARDO, Samuel Yosia
title Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet
title_short Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet
title_full Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet
title_fullStr Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet
title_full_unstemmed Analisis Bassline Ray Brown dalam Lagu Honeysuckle Rose pada Bagian Duet Double Bass dan Cornet
title_sort analisis bassline ray brown dalam lagu honeysuckle rose pada bagian duet double bass dan cornet
publisher Jur. Musik FSP ISI Yk.
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41846
_version_ 1741201542080364544