Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia"
Sebagai perempuan, keinginan untuk mempercantik diri denganmembubuhkan tata rias (make up) dan menata rambut (hairdo) merupakan halyang penting. Semakin banyak kebutuhan perempuan akan dunia tata rias,berkorelasi positif dengan kesibukannya. Fenomena tersebut menciptakan peluangusaha pada bidang jas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Partitur/Praktek Musik |
Published: |
Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41919 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-41919 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-419192020-04-30T12:56:17Z Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" KUSUMAMURTI, Maria Di Livia Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta 2019 Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41919 DK/Kus/p/2019 Sebagai perempuan, keinginan untuk mempercantik diri denganmembubuhkan tata rias (make up) dan menata rambut (hairdo) merupakan halyang penting. Semakin banyak kebutuhan perempuan akan dunia tata rias,berkorelasi positif dengan kesibukannya. Fenomena tersebut menciptakan peluangusaha pada bidang jasa make up artist (MUA) dan hairdo meningkat. Dengantingginya permintaan pasar akan jasa ini, berdampak pada menjamurnya profesidibidang make up artist dan hairdo, salah satunya adalah jasa make up artist danhairdo "DI LIVIA". Agar mampu untuk menjaga eksistensinya, "DI LIVIA" harusmampu menciptakan inovasi dalam pelayanan maupun publikasinya.Metode perancangan dilakukan dengan metode kualitatif. Dalam usahapengumpulan data, digunakan metode wawancara secara mendalam terhadapseorang pakar dan dua orang target audiens. Hasil dari pengumpulan datadidapatkan consumer journey yang digunakan sebagai referensi kebutuhan mediayang dirasa perlu dalam perancangan. Dari analisis data diperoleh point of contactyang memiliki relevansi sebagai media dalam perancangan publikasi jasa MUAdan hairdo "DI LIVIA".Media yang digunakan dalam perancangan publikasi jasa MUA dan hairdo"DI LIVIA", yaitu Katalog sebagai media utama, dan beberapa media penunjangseperti Poster, Flyer, Kartu nama, Kartu Diskon, Sticker, Zine, Press release padamajalah, Video Portrait pada media sosial, dan prototype website. Penentuanmedia ditentukan berdasarkan hasil analisis terhadap relevansi antara consumerjourney dan point of contact.Berdasarkan hipotesa perancangan, dilakukan riset atau uji coba khalayakmedia sosial melalui media instagram. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan,ditemukan bahwa terdapat peningkatan awareness masyakarat yang cukupsignifikan. Peningkatan tersebut salah satunya tampak dari jumlah visit profileyang meningkat dari 174 audiens menjadi 504, dan jangkauan audiens dari 381jangkauan menjadi 4374 audiens selama 1 minggu penayangan.Kata Kunci: Perempuan; Publikasi; Jasa; Make Up; Hairdo Yogyakarta xx+104hal., ilus.; 21cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
topic |
NONE |
spellingShingle |
NONE KUSUMAMURTI, Maria Di Livia Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" |
description |
Sebagai perempuan, keinginan untuk mempercantik diri denganmembubuhkan tata rias (make up) dan menata rambut (hairdo) merupakan halyang penting. Semakin banyak kebutuhan perempuan akan dunia tata rias,berkorelasi positif dengan kesibukannya. Fenomena tersebut menciptakan peluangusaha pada bidang jasa make up artist (MUA) dan hairdo meningkat. Dengantingginya permintaan pasar akan jasa ini, berdampak pada menjamurnya profesidibidang make up artist dan hairdo, salah satunya adalah jasa make up artist danhairdo "DI LIVIA". Agar mampu untuk menjaga eksistensinya, "DI LIVIA" harusmampu menciptakan inovasi dalam pelayanan maupun publikasinya.Metode perancangan dilakukan dengan metode kualitatif. Dalam usahapengumpulan data, digunakan metode wawancara secara mendalam terhadapseorang pakar dan dua orang target audiens. Hasil dari pengumpulan datadidapatkan consumer journey yang digunakan sebagai referensi kebutuhan mediayang dirasa perlu dalam perancangan. Dari analisis data diperoleh point of contactyang memiliki relevansi sebagai media dalam perancangan publikasi jasa MUAdan hairdo "DI LIVIA".Media yang digunakan dalam perancangan publikasi jasa MUA dan hairdo"DI LIVIA", yaitu Katalog sebagai media utama, dan beberapa media penunjangseperti Poster, Flyer, Kartu nama, Kartu Diskon, Sticker, Zine, Press release padamajalah, Video Portrait pada media sosial, dan prototype website. Penentuanmedia ditentukan berdasarkan hasil analisis terhadap relevansi antara consumerjourney dan point of contact.Berdasarkan hipotesa perancangan, dilakukan riset atau uji coba khalayakmedia sosial melalui media instagram. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan,ditemukan bahwa terdapat peningkatan awareness masyakarat yang cukupsignifikan. Peningkatan tersebut salah satunya tampak dari jumlah visit profileyang meningkat dari 174 audiens menjadi 504, dan jangkauan audiens dari 381jangkauan menjadi 4374 audiens selama 1 minggu penayangan.Kata Kunci: Perempuan; Publikasi; Jasa; Make Up; Hairdo |
format |
Partitur/Praktek Musik |
author |
KUSUMAMURTI, Maria Di Livia |
author_facet |
KUSUMAMURTI, Maria Di Livia |
author_sort |
KUSUMAMURTI, Maria Di Livia |
title |
Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" |
title_short |
Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" |
title_full |
Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" |
title_fullStr |
Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" |
title_full_unstemmed |
Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia" |
title_sort |
perancangan publikasi jasa make up artist dan hair do"di livia" |
publisher |
Jur Desain Komunikasi isual FSR ISI ogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41919 |
_version_ |
1741201555213778944 |