Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat

Gamolan balak dan hadra adalah dua jenis ansambel musik yang berbeda.Gamolan balak terdiri dari instrumen gamolan, tekhbangan, khujih dan tala,sedangkan ansambel hadra terdiri dari instrumen khaddap dan tekhbangan.Apabila dilihat dari bentuk penyajiannya, kedua ansambel ini masing-masingberdiri send...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRA, Renzi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41923
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41923
record_format oai_dc
spelling isilib-419232020-05-04T11:10:35Z Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat SAPUTRA, Renzi Upacara Lapahan Adat Sai Batin Hadra Gamolan Balak FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41923 EG/Sap/g/2019 Gamolan balak dan hadra adalah dua jenis ansambel musik yang berbeda.Gamolan balak terdiri dari instrumen gamolan, tekhbangan, khujih dan tala,sedangkan ansambel hadra terdiri dari instrumen khaddap dan tekhbangan.Apabila dilihat dari bentuk penyajiannya, kedua ansambel ini masing-masingberdiri sendiri tanpa berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi,keduanya dimainkan dalam waktu dan tempat yang bersamaan, yaitu dalamupacara lapahan adat sai batin di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak.Walaupun merupakan dua jenis musik yang berbeda, akan tetapi kedudukankeduanya sama tanpa ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah karena keduanyamemiliki fungsi yang sama. Fungsi kedua ansambel ini tidak bisa dilihat darimasing-masing sisi, melainkan dilihat sebagai sebuah satu kesatuan atau sistemyang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk mengetahui fungsi keduanyadigunakan teori fungsionalisme karya Robert K. Merton dengan menggunakanmetode deskriptif analitis dan pendekatan etnomusikologis. Teori fungsionalismeMerton terbagi menjadi dua yaitu fungsi secara manifest dan latent. Fungsimanifest adalah fungsi yang secara sadar dan dimaksudkan oleh partisipannya,sedangkan fungsi latent adalah fungsi yang tidak disadari dan tidak dimaksudkansebelumnya tetapi mempunyai peluang untuk muncul. Yogyakarta xv+111 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Upacara Lapahan Adat Sai Batin
Hadra
Gamolan Balak
NONE
spellingShingle Upacara Lapahan Adat Sai Batin
Hadra
Gamolan Balak
NONE
SAPUTRA, Renzi
Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat
description Gamolan balak dan hadra adalah dua jenis ansambel musik yang berbeda.Gamolan balak terdiri dari instrumen gamolan, tekhbangan, khujih dan tala,sedangkan ansambel hadra terdiri dari instrumen khaddap dan tekhbangan.Apabila dilihat dari bentuk penyajiannya, kedua ansambel ini masing-masingberdiri sendiri tanpa berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi,keduanya dimainkan dalam waktu dan tempat yang bersamaan, yaitu dalamupacara lapahan adat sai batin di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak.Walaupun merupakan dua jenis musik yang berbeda, akan tetapi kedudukankeduanya sama tanpa ada yang lebih tinggi ataupun lebih rendah karena keduanyamemiliki fungsi yang sama. Fungsi kedua ansambel ini tidak bisa dilihat darimasing-masing sisi, melainkan dilihat sebagai sebuah satu kesatuan atau sistemyang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk mengetahui fungsi keduanyadigunakan teori fungsionalisme karya Robert K. Merton dengan menggunakanmetode deskriptif analitis dan pendekatan etnomusikologis. Teori fungsionalismeMerton terbagi menjadi dua yaitu fungsi secara manifest dan latent. Fungsimanifest adalah fungsi yang secara sadar dan dimaksudkan oleh partisipannya,sedangkan fungsi latent adalah fungsi yang tidak disadari dan tidak dimaksudkansebelumnya tetapi mempunyai peluang untuk muncul.
format Tugas Akhir
author SAPUTRA, Renzi
author_facet SAPUTRA, Renzi
author_sort SAPUTRA, Renzi
title Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat
title_short Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat
title_full Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat
title_fullStr Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat
title_full_unstemmed Gamolan Balak Dan Hadra Dalam Upacara Lapahan Adat Sai Batin Di Kepaksian Pernong Paksi Pak Sekala Brak Lampung Barat
title_sort gamolan balak dan hadra dalam upacara lapahan adat sai batin di kepaksian pernong paksi pak sekala brak lampung barat
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41923
_version_ 1741201556003356672