Pembelajaran Keyboard Acompaniment Di Lembaga Kursus Etnictro Music Education Yogyakarta

Penulis tertarik pada permasalahan tersebut dan menjadikannya objek penelitian tugas akhir dengan fokus penelitiannya bagaimana proses pembelajaran keyboard dan cirinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskiptif kualitatif, dengan intrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan d...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BIANTORO, Andris Samuel
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41951
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penulis tertarik pada permasalahan tersebut dan menjadikannya objek penelitian tugas akhir dengan fokus penelitiannya bagaimana proses pembelajaran keyboard dan cirinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskiptif kualitatif, dengan intrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik trianggulasi dengan membandingkan data dengan cara berbeda melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Data analisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran keyboard di Lembaga kursus Etnictro Music Education menggunakan beberapa sumber acuan sebagai bahan pengajaran. Proses pembelajaran di lembaga tersebut dibagi beberapa sesi yaitu sesi praktik, teori, dan sesi pemberian tugas. Dengan menggunakan metode ceramah demontrasi dan drill. Pelaksanaan pembelajaran lembaga kursus Etnictro terdapat dua kelas yaitu kelas sesuai dengan kurikulum dan kelas khusus dimana siswa menentukan materi yang diinginkan. Jadwal pelaksanaan dapat disesuaikan dengan jadwal siswa itu sendiri dengan kata lain siswa dapat menentukan jadwal sendiri.