Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagisiswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalamektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik.Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalahalat musik angk...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41956 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagisiswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalamektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik.Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalahalat musik angklung. Angklung seringkali dijadikan sebagai media pembelajaranSeni Budaya dan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pembelajaran angklung menggunakan metode Kodaly (handsign) di MTsN 10 Sleman serta efektifitas dalam pembelajaran ekstrakurikulerangklung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampelmenggunakan teknik purposive sampling. Sampling penelitian dalam penelitianini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakurikuler angklung Di MTsn 10Sleman yaitu kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah delapan belas siswa. Hasilpenelitian menunjukan bahwa Penerapan metode Kodaly (hand sign)merupakan metode yang efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar padasiswa MTsN 10 Sleman. Dari hasil penelitian yang didapatkan terjadipeningkatan hasil belajar yaitu dari hasil penilaian terdapat rata-rata dalamkategori ‘baik’ yaitu sebanyak 16 siswa dengan presentase 80% mendapat nilai75 atau lebih. |
---|