Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta

Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagisiswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalamektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik.Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalahalat musik angk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FADHILAH, Anisya
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41956
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41956
record_format oai_dc
spelling isilib-419562020-05-08T11:43:56Z Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta FADHILAH, Anisya hand sign Metode Kodaly angklung FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41956 MS/Fad/p/2019 Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagisiswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalamektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik.Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalahalat musik angklung. Angklung seringkali dijadikan sebagai media pembelajaranSeni Budaya dan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pembelajaran angklung menggunakan metode Kodaly (handsign) di MTsN 10 Sleman serta efektifitas dalam pembelajaran ekstrakurikulerangklung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampelmenggunakan teknik purposive sampling. Sampling penelitian dalam penelitianini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakurikuler angklung Di MTsn 10Sleman yaitu kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah delapan belas siswa. Hasilpenelitian menunjukan bahwa Penerapan metode Kodaly (hand sign)merupakan metode yang efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar padasiswa MTsN 10 Sleman. Dari hasil penelitian yang didapatkan terjadipeningkatan hasil belajar yaitu dari hasil penilaian terdapat rata-rata dalamkategori ‘baik’ yaitu sebanyak 16 siswa dengan presentase 80% mendapat nilai75 atau lebih. Yogyakarta xi+65 hal.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic hand sign
Metode Kodaly
angklung
NONE
spellingShingle hand sign
Metode Kodaly
angklung
NONE
FADHILAH, Anisya
Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
description Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagisiswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalamektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik.Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalahalat musik angklung. Angklung seringkali dijadikan sebagai media pembelajaranSeni Budaya dan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui proses pembelajaran angklung menggunakan metode Kodaly (handsign) di MTsN 10 Sleman serta efektifitas dalam pembelajaran ekstrakurikulerangklung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampelmenggunakan teknik purposive sampling. Sampling penelitian dalam penelitianini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakurikuler angklung Di MTsn 10Sleman yaitu kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah delapan belas siswa. Hasilpenelitian menunjukan bahwa Penerapan metode Kodaly (hand sign)merupakan metode yang efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar padasiswa MTsN 10 Sleman. Dari hasil penelitian yang didapatkan terjadipeningkatan hasil belajar yaitu dari hasil penilaian terdapat rata-rata dalamkategori ‘baik’ yaitu sebanyak 16 siswa dengan presentase 80% mendapat nilai75 atau lebih.
format Tugas Akhir
author FADHILAH, Anisya
author_facet FADHILAH, Anisya
author_sort FADHILAH, Anisya
title Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
title_short Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
title_full Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
title_fullStr Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
title_full_unstemmed Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
title_sort penerapan metode kodaly (hand sign) dalam pembelajaran ekstrakurikuler angklung di madrasah tsanawiyah negeri 10 sleman yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41956
_version_ 1741201562396524544