Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta

Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Materi ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses pembelajaran Seni Drama, Tari dan Musik yang terintegrasi di SMP N 9 Yogyakarta pada siklus pertama dan siklus kedua dengan fokus bahasan proses pembelajarannya. Data peneli...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAHRI, M Alfi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41957
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-41957
record_format oai_dc
spelling isilib-419572020-05-08T13:01:14Z Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta SAHRI, M Alfi Tari dan Musik Seni Drama Pembelajaran FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41957 PSP/Sah/p/2019 Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Materi ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses pembelajaran Seni Drama, Tari dan Musik yang terintegrasi di SMP N 9 Yogyakarta pada siklus pertama dan siklus kedua dengan fokus bahasan proses pembelajarannya. Data penelitian ini dikumpulakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi menggunakan metode triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan metode. Data penelitian ini dianalisis dengan menggambarkan dan mengintrepetasikan arti data yang telah terkumpul, memberi perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keberhasilan penggunaan materi seni drama, tari dan musik yang terintregrasi ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas, pengembangan suatu konteks, dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Metode yang digunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan latihan/praktik. Selain itu dilakukan evaluasi pembelajaran untuk mengukur aspek pengetahuan dan keterampilan. (2) Penerapan materi yang dilaksanakan pada siklus pertama dilakukan kurang maksimal, sedangkan pada siklus kedua dilakukan lebih sehingga hasil pembelajaran lebih signifikan Yogyakarta xv+153 hal,; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Tari dan Musik
Seni Drama
Pembelajaran
NONE
spellingShingle Tari dan Musik
Seni Drama
Pembelajaran
NONE
SAHRI, M Alfi
Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
description Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Materi ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses pembelajaran Seni Drama, Tari dan Musik yang terintegrasi di SMP N 9 Yogyakarta pada siklus pertama dan siklus kedua dengan fokus bahasan proses pembelajarannya. Data penelitian ini dikumpulakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi menggunakan metode triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan metode. Data penelitian ini dianalisis dengan menggambarkan dan mengintrepetasikan arti data yang telah terkumpul, memberi perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keberhasilan penggunaan materi seni drama, tari dan musik yang terintregrasi ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas, pengembangan suatu konteks, dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Metode yang digunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan latihan/praktik. Selain itu dilakukan evaluasi pembelajaran untuk mengukur aspek pengetahuan dan keterampilan. (2) Penerapan materi yang dilaksanakan pada siklus pertama dilakukan kurang maksimal, sedangkan pada siklus kedua dilakukan lebih sehingga hasil pembelajaran lebih signifikan
format Tugas Akhir
author SAHRI, M Alfi
author_facet SAHRI, M Alfi
author_sort SAHRI, M Alfi
title Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
title_short Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
title_full Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
title_sort pembelajaran drama tari musik terintegrasi pada pelajaran seni budaya di smp n 9 yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41957
_version_ 1741201562578976768