Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Bernyanyi Unisono Di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kooperatif pada materi bernyanyi unisono di kelas VIII H. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Seni Budaya dan siswa kelas VI...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUHARDI, Ade Kurniawan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41958
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran kooperatif pada materi bernyanyi unisono di kelas VIII H. Objek penelitian ini adalah strategi pembelajaran kooperatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Seni Budaya dan siswa kelas VIII H. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi foto berserta video. Validasi data dilakukan dengan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII H yang dibuktikan melalui tahap penilaian I dan penilaian II. Terjadinya peningkatan hasil belajar pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sangat didasari oleh kemauan dan keseriusan siswa serta motivasi yang diberikan oleh guru melalui tipe STAD yang dimodifikasi dalam kegiatan pembelajaran kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII H mampu mencapai bahkan melebihi nilai KKM pada materi bernyanyi unisono melalui implementasi strategi pembelajaran kooperatif yang dilakukan oleh guru Seni Budaya.