Parodi Citra Produk Iklan Komersial

Perkembangan dunia periklanan dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi yang meningkat pesat. Produsen semakin gencar mengeluarkan produk-produk baru, hal tersebut berarti semakin banyak pula iklan yang ditampilkan. Keberadaan iklan tidak terlepas dari kehidupan manusia, dimanapun dan kapanpun iklan tum...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAKHMANTYO, Mohammad Gilar
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Media Rekam ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=41978
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Perkembangan dunia periklanan dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi yang meningkat pesat. Produsen semakin gencar mengeluarkan produk-produk baru, hal tersebut berarti semakin banyak pula iklan yang ditampilkan. Keberadaan iklan tidak terlepas dari kehidupan manusia, dimanapun dan kapanpun iklan tumbuh berdampingan dengan masyarakat. Banyaknya persaingan antar satu produk dengan produk lain mempengaruhi sulitnya kegiatan berpromosi. Visual iklanyang terlau banyak membuat semakin lama menjadi membosanan tidak menarik untuk dinikmati. Atas dasar hal tersebut penciptaan karya ini dibuat. Penciptaan karya ini membuat foto iklan dengan konsep prodi sebagai alternatif gbagi konsumen. Penciptaan karya tugas akhir ini melaluiihal itu menjadi kekuatan daya tarik aya visual yang menarik dan menghibur. Fotografi dipilih karena fotografi lebih menampilkan suatu realita yang mana hal ini menjadi kekuatan daya tarik bagi konsumen. Penciptaan karya tugas akhir ini melalmetode yang meliputi tiga tahapan yaitu eksplorasi, improvisaSI, dan pembentukan. Eksplorasi yang dimaksud adalah sebagai langkah awal dari suatupenciptaan karya. Pada tahap improvisasi dilakukan pemotretan dengan memaksimalkan segala aspek dengan berbagai macam percobaan (eksperimen). Tahap terakhir adalah pembentukan yaitu proses perwujudan karya dari berbagai proses percobaan yang telah dilakukan. Karya tugas akhir ini menghadirkan kembali beberapa iklan produk dengan gaya parodi kedalam 20 karya fotografi. Parodi yang dimasksud adalah memparodikan citra daari produk secara hiperbola sebagai bentuk representasi untuk menampilkan nilai keunggulan daari suatu produk. Setiap karya menghadirkan satu konsep cerita tertentu, pembentukan cerita untuk memudahkan penyampaian pesan.