Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)

Fenomena kontroversi nyanyian pada gereja-gereja arus utama, dirasakan juga oleh Gereja Protestan Maluku (GPM) dalam hal ini jemaat GPM Soya yang memperlihatkan ketegangan dalam penggunaan nyanyian ibadah kontemporer. Penggunaan nyanyian tersebut telah menyebabkan pergeseran nilai dalam penggunaan n...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KEMPA, Michael Ridho
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42024
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42024
record_format oai_dc
spelling isilib-420242020-05-14T11:53:01Z Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik) KEMPA, Michael Ridho Musik Gereja PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42024 TES/MB/Kem/p/2019 Fenomena kontroversi nyanyian pada gereja-gereja arus utama, dirasakan juga oleh Gereja Protestan Maluku (GPM) dalam hal ini jemaat GPM Soya yang memperlihatkan ketegangan dalam penggunaan nyanyian ibadah kontemporer. Penggunaan nyanyian tersebut telah menyebabkan pergeseran nilai dalam penggunaan nyanyian ibadah.Hal tersebut mengakibatkan kontroversi pada kalangan orang tua dan kalangan pemuda. Disatu sisi kalangan tua mimilih tetap untuk menggunakan nyanyian hymne sedangkan kaum muda menginginkan adanya inovasi baru lewat nyanyian yang sesuai dengan jiwa mereka. Kontroversi yang terjadi mengakibatkan ketika kedua nyanyian digunakan terlihat ekpresi kedua kalangan kurang merespon (bernyanyi). Kendati memperlihatkan kontroversi, namun ada juga sebagian jemaat dari kedua kalangan yang menerima nyanyian hymne dan nyanyianibadah kontemporer digunakan. Fenomena ini dilihat menarik menurut penulis dikarenakan fenomena kontroversi tidak hanya terkait dengan masalah dogmatis, pergeseran nilai dan identitas musik gereja. Namun, penulis melihat bahwa secara musikal sepertinya ada alasan musikal yang mendasari proses kontroversi dan penerimaan kedua nyanyian tersebut. Oleh sebab itu fenomena ini perlu diteliti secara musikologi, bagaimana bentuk dan struktur musikal nyanyian hymne dan nyanyian ibadah kontemporer dan apa unsur musikal yang menyebabkan kotroversi dan penerimaan kedua nyanyian tersebut ditinjau berdasarkan gaya musik. Terhadap permasalahan tersebut maka kajian Musikologi (anaslisis struktur musik) menjadi pisau bedah untuk menemukan jawaban dibalik kontroversi dan penerimaan keduanyanyian tersebut terhadap gaya musiknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (observasi dan wawancara) untuk menggumpulkan data seputar permasalahan yang ada. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis sesuai kajiankajian pustaka serta teori yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis disimpulkan bahwa, aspek musikal ritme, melodi, dan harmoni (akord) menjadi bagian penting dalam membentuk suatu gaya musik dari kedua nyanyian sehingga dapat membangun nuansa musikal dan dapat membantu jemaat untuk menghayati ibadah. Tidak hanya itu tetapi peran dan fungsi musik pengiring (pemusik) juga penting untuk membantu jemaat dalam membangun suasana yang meditatif. Dengan demikian tidak lagi timbul kontroversi karena gaya musiknya dianggap monoton danmusiknya terlalu menonjol tetapi diterima pada semua kalangan jemaat karena musiknya membantu jemaat untuk beribadah. Yogyakarta xiv+122 hal.; ilus.; bib.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik Gereja
NONE
spellingShingle Musik Gereja
NONE
KEMPA, Michael Ridho
Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)
description Fenomena kontroversi nyanyian pada gereja-gereja arus utama, dirasakan juga oleh Gereja Protestan Maluku (GPM) dalam hal ini jemaat GPM Soya yang memperlihatkan ketegangan dalam penggunaan nyanyian ibadah kontemporer. Penggunaan nyanyian tersebut telah menyebabkan pergeseran nilai dalam penggunaan nyanyian ibadah.Hal tersebut mengakibatkan kontroversi pada kalangan orang tua dan kalangan pemuda. Disatu sisi kalangan tua mimilih tetap untuk menggunakan nyanyian hymne sedangkan kaum muda menginginkan adanya inovasi baru lewat nyanyian yang sesuai dengan jiwa mereka. Kontroversi yang terjadi mengakibatkan ketika kedua nyanyian digunakan terlihat ekpresi kedua kalangan kurang merespon (bernyanyi). Kendati memperlihatkan kontroversi, namun ada juga sebagian jemaat dari kedua kalangan yang menerima nyanyian hymne dan nyanyianibadah kontemporer digunakan. Fenomena ini dilihat menarik menurut penulis dikarenakan fenomena kontroversi tidak hanya terkait dengan masalah dogmatis, pergeseran nilai dan identitas musik gereja. Namun, penulis melihat bahwa secara musikal sepertinya ada alasan musikal yang mendasari proses kontroversi dan penerimaan kedua nyanyian tersebut. Oleh sebab itu fenomena ini perlu diteliti secara musikologi, bagaimana bentuk dan struktur musikal nyanyian hymne dan nyanyian ibadah kontemporer dan apa unsur musikal yang menyebabkan kotroversi dan penerimaan kedua nyanyian tersebut ditinjau berdasarkan gaya musik. Terhadap permasalahan tersebut maka kajian Musikologi (anaslisis struktur musik) menjadi pisau bedah untuk menemukan jawaban dibalik kontroversi dan penerimaan keduanyanyian tersebut terhadap gaya musiknya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif (observasi dan wawancara) untuk menggumpulkan data seputar permasalahan yang ada. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis sesuai kajiankajian pustaka serta teori yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis disimpulkan bahwa, aspek musikal ritme, melodi, dan harmoni (akord) menjadi bagian penting dalam membentuk suatu gaya musik dari kedua nyanyian sehingga dapat membangun nuansa musikal dan dapat membantu jemaat untuk menghayati ibadah. Tidak hanya itu tetapi peran dan fungsi musik pengiring (pemusik) juga penting untuk membantu jemaat dalam membangun suasana yang meditatif. Dengan demikian tidak lagi timbul kontroversi karena gaya musiknya dianggap monoton danmusiknya terlalu menonjol tetapi diterima pada semua kalangan jemaat karena musiknya membantu jemaat untuk beribadah.
format Tugas Akhir
author KEMPA, Michael Ridho
author_facet KEMPA, Michael Ridho
author_sort KEMPA, Michael Ridho
title Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)
title_short Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)
title_full Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)
title_fullStr Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)
title_full_unstemmed Penggunaan Nyanyian Hymne dan Nyanyian Ibadah Kontemporer dalam Peribadahan Jemaat GPM Soya (Kajian Musikologi Terhadap Gaya Musik)
title_sort penggunaan nyanyian hymne dan nyanyian ibadah kontemporer dalam peribadahan jemaat gpm soya (kajian musikologi terhadap gaya musik)
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42024
_version_ 1741201575714488320