REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR

Museum sebagai pusat edukasi dalam menyimpan berbagai sejarah dan ilmupengetahuan menjadikannya sangat penting untuk dikunjungi oleh masyarakat,khususnya oleh anak-anak sebagai generasi yang memiliki potensi dalammenciptakan suatu inovasi. Sebagai museum sejarah dan ilmu pengetahuan alamterbesar di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARDHANI, Ananda Jati
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42043
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42043
record_format oai_dc
spelling isilib-420432020-05-16T09:24:18Z REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR WARDHANI, Ananda Jati Museum, Etnobotani, Eksploratorium Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42043 DI/War/i/2019 Museum sebagai pusat edukasi dalam menyimpan berbagai sejarah dan ilmupengetahuan menjadikannya sangat penting untuk dikunjungi oleh masyarakat,khususnya oleh anak-anak sebagai generasi yang memiliki potensi dalammenciptakan suatu inovasi. Sebagai museum sejarah dan ilmu pengetahuan alamterbesar di Indonesia, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)seharusnya memiliki tempat dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan pengunjungakan tempat rekreasi yang edukatif dan menyenangkan. Penelusuran masalahhingga perancangan interior ruang pamer lantai dasar MUNASAIN dilakukandengan metode Design Thinking. Permasalahan yang ditemui terkait padasirkulasi yang melelahkan serta minimnya tanda petunjuk arah dan displaypameran yang hanya dapat dilihat sehingga kurang komunikatif. Sebagaisolusinya, perancangan menggunakan konsep Eksploratorium yang bertujuanmengajak masyarakat untuk mengeksplorasi keanekaragaman hayati sertapemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan tema terkaitetnobotani dan menciptakan suasana berbeda dari museum sejarah alam yang lain.Ruang dibangun dari elemen berbagai warna dan bentuk dinamis untukmenciptakan suasana ceria dan menyenangkan. Selain itu suasana hangat jugadibangun dengan mengaplikasikan material lokal (seperti kayu, rotan, dan bambu)pada elemen pembentuk dan pengisi ruang. MUNASAIN diharapkan menjadimuseum yang interaktif dan komunikatif, serta diharapkan dapat menginspirasimasyarakat untuk menciptakan inovasi ilmiah di masa mendatang. Yogyakarta xv + 117 hal.; ilus.: 30 cm DI/War/i/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Museum, Etnobotani, Eksploratorium
DI/War/i/2019
spellingShingle Museum, Etnobotani, Eksploratorium
DI/War/i/2019
WARDHANI, Ananda Jati
REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
description Museum sebagai pusat edukasi dalam menyimpan berbagai sejarah dan ilmupengetahuan menjadikannya sangat penting untuk dikunjungi oleh masyarakat,khususnya oleh anak-anak sebagai generasi yang memiliki potensi dalammenciptakan suatu inovasi. Sebagai museum sejarah dan ilmu pengetahuan alamterbesar di Indonesia, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)seharusnya memiliki tempat dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan pengunjungakan tempat rekreasi yang edukatif dan menyenangkan. Penelusuran masalahhingga perancangan interior ruang pamer lantai dasar MUNASAIN dilakukandengan metode Design Thinking. Permasalahan yang ditemui terkait padasirkulasi yang melelahkan serta minimnya tanda petunjuk arah dan displaypameran yang hanya dapat dilihat sehingga kurang komunikatif. Sebagaisolusinya, perancangan menggunakan konsep Eksploratorium yang bertujuanmengajak masyarakat untuk mengeksplorasi keanekaragaman hayati sertapemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan tema terkaitetnobotani dan menciptakan suasana berbeda dari museum sejarah alam yang lain.Ruang dibangun dari elemen berbagai warna dan bentuk dinamis untukmenciptakan suasana ceria dan menyenangkan. Selain itu suasana hangat jugadibangun dengan mengaplikasikan material lokal (seperti kayu, rotan, dan bambu)pada elemen pembentuk dan pengisi ruang. MUNASAIN diharapkan menjadimuseum yang interaktif dan komunikatif, serta diharapkan dapat menginspirasimasyarakat untuk menciptakan inovasi ilmiah di masa mendatang.
format Tugas Akhir
author WARDHANI, Ananda Jati
author_facet WARDHANI, Ananda Jati
author_sort WARDHANI, Ananda Jati
title REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
title_short REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
title_full REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
title_fullStr REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
title_full_unstemmed REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
title_sort redesain ruang pamer lantai dasarmuseum nasional sejarah alam indonesiabogor
publisher Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42043
_version_ 1741201579323686912