REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR
Museum sebagai pusat edukasi dalam menyimpan berbagai sejarah dan ilmupengetahuan menjadikannya sangat penting untuk dikunjungi oleh masyarakat,khususnya oleh anak-anak sebagai generasi yang memiliki potensi dalammenciptakan suatu inovasi. Sebagai museum sejarah dan ilmu pengetahuan alamterbesar di...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42043 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42043 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-420432020-05-16T09:24:18Z REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR WARDHANI, Ananda Jati Museum, Etnobotani, Eksploratorium Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42043 DI/War/i/2019 Museum sebagai pusat edukasi dalam menyimpan berbagai sejarah dan ilmupengetahuan menjadikannya sangat penting untuk dikunjungi oleh masyarakat,khususnya oleh anak-anak sebagai generasi yang memiliki potensi dalammenciptakan suatu inovasi. Sebagai museum sejarah dan ilmu pengetahuan alamterbesar di Indonesia, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)seharusnya memiliki tempat dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan pengunjungakan tempat rekreasi yang edukatif dan menyenangkan. Penelusuran masalahhingga perancangan interior ruang pamer lantai dasar MUNASAIN dilakukandengan metode Design Thinking. Permasalahan yang ditemui terkait padasirkulasi yang melelahkan serta minimnya tanda petunjuk arah dan displaypameran yang hanya dapat dilihat sehingga kurang komunikatif. Sebagaisolusinya, perancangan menggunakan konsep Eksploratorium yang bertujuanmengajak masyarakat untuk mengeksplorasi keanekaragaman hayati sertapemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan tema terkaitetnobotani dan menciptakan suasana berbeda dari museum sejarah alam yang lain.Ruang dibangun dari elemen berbagai warna dan bentuk dinamis untukmenciptakan suasana ceria dan menyenangkan. Selain itu suasana hangat jugadibangun dengan mengaplikasikan material lokal (seperti kayu, rotan, dan bambu)pada elemen pembentuk dan pengisi ruang. MUNASAIN diharapkan menjadimuseum yang interaktif dan komunikatif, serta diharapkan dapat menginspirasimasyarakat untuk menciptakan inovasi ilmiah di masa mendatang. Yogyakarta xv + 117 hal.; ilus.: 30 cm DI/War/i/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Museum, Etnobotani, Eksploratorium DI/War/i/2019 |
spellingShingle |
Museum, Etnobotani, Eksploratorium DI/War/i/2019 WARDHANI, Ananda Jati REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR |
description |
Museum sebagai pusat edukasi dalam menyimpan berbagai sejarah dan ilmupengetahuan menjadikannya sangat penting untuk dikunjungi oleh masyarakat,khususnya oleh anak-anak sebagai generasi yang memiliki potensi dalammenciptakan suatu inovasi. Sebagai museum sejarah dan ilmu pengetahuan alamterbesar di Indonesia, Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia (MUNASAIN)seharusnya memiliki tempat dan fasilitas yang memenuhi kebutuhan pengunjungakan tempat rekreasi yang edukatif dan menyenangkan. Penelusuran masalahhingga perancangan interior ruang pamer lantai dasar MUNASAIN dilakukandengan metode Design Thinking. Permasalahan yang ditemui terkait padasirkulasi yang melelahkan serta minimnya tanda petunjuk arah dan displaypameran yang hanya dapat dilihat sehingga kurang komunikatif. Sebagaisolusinya, perancangan menggunakan konsep Eksploratorium yang bertujuanmengajak masyarakat untuk mengeksplorasi keanekaragaman hayati sertapemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan tema terkaitetnobotani dan menciptakan suasana berbeda dari museum sejarah alam yang lain.Ruang dibangun dari elemen berbagai warna dan bentuk dinamis untukmenciptakan suasana ceria dan menyenangkan. Selain itu suasana hangat jugadibangun dengan mengaplikasikan material lokal (seperti kayu, rotan, dan bambu)pada elemen pembentuk dan pengisi ruang. MUNASAIN diharapkan menjadimuseum yang interaktif dan komunikatif, serta diharapkan dapat menginspirasimasyarakat untuk menciptakan inovasi ilmiah di masa mendatang. |
format |
Tugas Akhir |
author |
WARDHANI, Ananda Jati |
author_facet |
WARDHANI, Ananda Jati |
author_sort |
WARDHANI, Ananda Jati |
title |
REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR |
title_short |
REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR |
title_full |
REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR |
title_fullStr |
REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR |
title_full_unstemmed |
REDESAIN RUANG PAMER LANTAI DASARMUSEUM NASIONAL SEJARAH ALAM INDONESIABOGOR |
title_sort |
redesain ruang pamer lantai dasarmuseum nasional sejarah alam indonesiabogor |
publisher |
Prodi S-1 DI Jur. Desain FSR ISI Yogayakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42043 |
_version_ |
1741201579323686912 |