Perancangan Visualisasi Buku "The Anxiety Workbook for Teens" untuk Remaja Pengidap Anxiety Disorder

Pertumbuhan yang sehat pada remaja tidak hanya ditandai dengan perubahansecara fisik, namun juga secara mental. Dalam perkembangannya, tidak dapat dipungkiribahwa tidak semua remaja mengalami pertumbuhan yang baik. Ada beberapa dari merekamengalami gangguan kecemasan berlebih atau dalam bahasa Inggr...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI, Anastasia Ananda Aries
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42083
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pertumbuhan yang sehat pada remaja tidak hanya ditandai dengan perubahansecara fisik, namun juga secara mental. Dalam perkembangannya, tidak dapat dipungkiribahwa tidak semua remaja mengalami pertumbuhan yang baik. Ada beberapa dari merekamengalami gangguan kecemasan berlebih atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengananxiety disorder. Gangguan ini menyebabkan mereka terus menerus merasa cemassampai mengganggu mereka dalam beraktifitas. Banyak remaja di Indonesia yangmengalami gangguan kecemasan berlebih itu sendiri tidak mengetahui bahwa yangmereka rasakan sudah masuk ke batas yang tidak normal, juga mereka merasa kesulitanuntuk mengatasi rasa tersebut karena kurangnya pengetahuan mengenai kecemasanberlebih itu sendiri dan cara-cara dalam mengatasinya.Buku yang dapat dipakai dalam mengatasi gangguan tersebut adalah buku “TheAnxiety Workbook for Teens: Activities to Help You Deal with Anxiety and Worry”karya Lisa M. Schab yang diterbitkan di tahun 2008. Tujuan dari perancangan buku iniadalah untuk memudahkan para remaja dalam menerima informasi yang ada di dalambuku tersebut dengan menghadirkan ilustrasi-ilustrasi yang menjelaskan beberapa infodan kasus-kasus yang ada secara menarik. Dengan adanya visual-visual tersebut,diharapkan remaja pengidap anxiety disorder dapat diberi kemudahan untuk mempelajaridan dapat mengikuti cara-cara bagaimana mengatasi gangguan kecemasan yang merekaalami secara santai dan menyenangkan.Metode perancangan yang dipakai untuk merancang buku ini menggunakan 5Wdan 1H. Proses perancangan buku ini dilakukan dengan observasi melalui literaturmengenai anxiety disorder dari pengertian, penyebab, jenis-jenis, dan terapi yang dapatdipakai. Selain itu, observasi juga dilakukan melalui kuisoner yang disebarkan kebeberapa remaja yang mengidap anxiety disorder. Hasil dari perancangan ini adalah bukuyang menghadirkan visual sebagai pelengkap dan penjelas tentang info-info mengenaianxiety itu sendiri juga aktivitas-aktivitas yang dapat mereka lakukan untuk menanganirasa cemas berlebih tersebut.