Implementasi Naskah Drama Cici Meni Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas Vii Smp N 16 Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan mengungkap proses implemetasi naskah drama Cici Meni untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Naskah drama Cici Menidipilih sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Seni Budaya yang terintegrasi yaitu seni drama, tari, dan musik.Metode penelitian yang digunakan da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAMASHEILLA, Dinda Assalia Avero
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakara 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42098
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan mengungkap proses implemetasi naskah drama Cici Meni untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Naskah drama Cici Menidipilih sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Seni Budaya yang terintegrasi yaitu seni drama, tari, dan musik.Metode penelitian yang digunakan dalam proses implementasi naskah drama Cici Meni ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 16 Yogyakarta yang terlibat dalam pembelajaran naskah drama Cici Meni. Objek penelitian adalah mata pelajaran Seni Budaya. Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP N 16 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat berkembang rasa percaya dirinya dengan belatih peran yang ada pada naskah drama Cici Meni. Sejumlah 15 terlibat dalam proses pembelajaran ini, 8 diantaranya menyatakan percaya diri lebih menungkat. Peningkatan rasa percaya diri siswa, berdampak pada aktivitas kesehariannya.