ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklantersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebutmampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salahsatu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42104 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42104 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-421042020-05-28T14:45:42Z ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE SANTOSA, Bayu brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Ni Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42104 DK/San/a/2020 Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklantersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebutmampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salahsatu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike tahun 2018dengan judul “Dream Crazy”. Iklan ini hadir dengan kembali memanfaatkan isusosial untuk mengungkapkan gagasan tentang merayakan kebebasan beraktivitasolahraga bagi seluruh lapisan khalayak masyarakat tanpa ada yang dipinggirkan.Penelitian ini bertujuan memberikan kejelasan dari sebuah teks (realita sosial)yang terjadi tentang fenomena brand tribalisme pada merek Nike di Indonesia.Melalui penelitian ini iklan Nike tersebut akan diteliti dengan menggunakanmetode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis pada dimensipraktik sosiokultural menunjukkan bahwa penggunaan isu sosial pada iklantersebut digunakan untuk kepentingan merek Nike dan hal tersebut diterimadengan baik oleh khalayak Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam iklan tersebut terkandung wacana Brand tribalisme yang terjadi diIndonesia terhadap merek Nike, hal tersebut terjadi karena selain dibangun dengankepopuleran produk Nike dan meningkatnya peminat sneaker di Indonesiadiperkuat juga dengan isu sosial yang dikomodifikasikan oleh Nike didalamiklannya. Yogyakarta xiv + 97 hal.; ilus.: 30 cm DK/San/a/2020 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Ni DK/San/a/2020 |
spellingShingle |
brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Ni DK/San/a/2020 SANTOSA, Bayu ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE |
description |
Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklantersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebutmampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salahsatu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike tahun 2018dengan judul “Dream Crazy”. Iklan ini hadir dengan kembali memanfaatkan isusosial untuk mengungkapkan gagasan tentang merayakan kebebasan beraktivitasolahraga bagi seluruh lapisan khalayak masyarakat tanpa ada yang dipinggirkan.Penelitian ini bertujuan memberikan kejelasan dari sebuah teks (realita sosial)yang terjadi tentang fenomena brand tribalisme pada merek Nike di Indonesia.Melalui penelitian ini iklan Nike tersebut akan diteliti dengan menggunakanmetode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis pada dimensipraktik sosiokultural menunjukkan bahwa penggunaan isu sosial pada iklantersebut digunakan untuk kepentingan merek Nike dan hal tersebut diterimadengan baik oleh khalayak Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam iklan tersebut terkandung wacana Brand tribalisme yang terjadi diIndonesia terhadap merek Nike, hal tersebut terjadi karena selain dibangun dengankepopuleran produk Nike dan meningkatnya peminat sneaker di Indonesiadiperkuat juga dengan isu sosial yang dikomodifikasikan oleh Nike didalamiklannya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SANTOSA, Bayu |
author_facet |
SANTOSA, Bayu |
author_sort |
SANTOSA, Bayu |
title |
ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE |
title_short |
ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE |
title_full |
ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE |
title_fullStr |
ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE |
title_full_unstemmed |
ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE |
title_sort |
analisis wacana kritiskajian simbol brand tribalisme mereknike |
publisher |
Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42104 |
_version_ |
1741201590220488704 |