ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE

Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklantersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebutmampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salahsatu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSA, Bayu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42104
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42104
record_format oai_dc
spelling isilib-421042020-05-28T14:45:42Z ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE SANTOSA, Bayu brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Ni Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42104 DK/San/a/2020 Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklantersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebutmampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salahsatu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike tahun 2018dengan judul “Dream Crazy”. Iklan ini hadir dengan kembali memanfaatkan isusosial untuk mengungkapkan gagasan tentang merayakan kebebasan beraktivitasolahraga bagi seluruh lapisan khalayak masyarakat tanpa ada yang dipinggirkan.Penelitian ini bertujuan memberikan kejelasan dari sebuah teks (realita sosial)yang terjadi tentang fenomena brand tribalisme pada merek Nike di Indonesia.Melalui penelitian ini iklan Nike tersebut akan diteliti dengan menggunakanmetode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis pada dimensipraktik sosiokultural menunjukkan bahwa penggunaan isu sosial pada iklantersebut digunakan untuk kepentingan merek Nike dan hal tersebut diterimadengan baik oleh khalayak Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam iklan tersebut terkandung wacana Brand tribalisme yang terjadi diIndonesia terhadap merek Nike, hal tersebut terjadi karena selain dibangun dengankepopuleran produk Nike dan meningkatnya peminat sneaker di Indonesiadiperkuat juga dengan isu sosial yang dikomodifikasikan oleh Nike didalamiklannya. Yogyakarta xiv + 97 hal.; ilus.: 30 cm DK/San/a/2020 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Ni
DK/San/a/2020
spellingShingle brand tribalisme, merek, sosial budaya, simbol, Ni
DK/San/a/2020
SANTOSA, Bayu
ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
description Iklan Nike “Just Do It” tidak berisi pembahasan tentang produk Nike, iklantersebut berisi gagasan Nike tentang berbagai isu sosial yang ada, dan hal tersebutmampu menempatkan Nike menjadi merek olahraga paling laris di duni. Salahsatu iklan yang cukup relavan untuk dibahas saat ini adalah iklan Nike tahun 2018dengan judul “Dream Crazy”. Iklan ini hadir dengan kembali memanfaatkan isusosial untuk mengungkapkan gagasan tentang merayakan kebebasan beraktivitasolahraga bagi seluruh lapisan khalayak masyarakat tanpa ada yang dipinggirkan.Penelitian ini bertujuan memberikan kejelasan dari sebuah teks (realita sosial)yang terjadi tentang fenomena brand tribalisme pada merek Nike di Indonesia.Melalui penelitian ini iklan Nike tersebut akan diteliti dengan menggunakanmetode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Analisis pada dimensipraktik sosiokultural menunjukkan bahwa penggunaan isu sosial pada iklantersebut digunakan untuk kepentingan merek Nike dan hal tersebut diterimadengan baik oleh khalayak Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam iklan tersebut terkandung wacana Brand tribalisme yang terjadi diIndonesia terhadap merek Nike, hal tersebut terjadi karena selain dibangun dengankepopuleran produk Nike dan meningkatnya peminat sneaker di Indonesiadiperkuat juga dengan isu sosial yang dikomodifikasikan oleh Nike didalamiklannya.
format Tugas Akhir
author SANTOSA, Bayu
author_facet SANTOSA, Bayu
author_sort SANTOSA, Bayu
title ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
title_short ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
title_full ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
title_fullStr ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
title_full_unstemmed ANALISIS WACANA KRITISKAJIAN SIMBOL BRAND TRIBALISME MEREKNIKE
title_sort analisis wacana kritiskajian simbol brand tribalisme mereknike
publisher Prodi S-1 DKV Jurusan Desain FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42104
_version_ 1741201590220488704