Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni

Pameran sejatinya merupakan kegiatan untuk menunjukkan hasil dari proses penciptaan karya, sebagai sarana menunjukkan luapan ekspresi dari seniman yang kemudian mendapat respon oleh penikmat atau khalayak umum sebagai sarana berkomunikasi dalam ranah seni. Pameran menjadi simbol kebanggan seniman at...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RAHMAWAN, Mohamad Vector
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSMR ISI Yogyakarta 2018
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42169
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42169
record_format oai_dc
spelling isilib-421692020-06-09T12:33:40Z Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni RAHMAWAN, Mohamad Vector FSMR ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42169 FT/Rah/p/2018 Pameran sejatinya merupakan kegiatan untuk menunjukkan hasil dari proses penciptaan karya, sebagai sarana menunjukkan luapan ekspresi dari seniman yang kemudian mendapat respon oleh penikmat atau khalayak umum sebagai sarana berkomunikasi dalam ranah seni. Pameran menjadi simbol kebanggan seniman atas capaiannya dalam berkarya, sehingga perlu dihadirkan kepada publik. Seperti pameran fotografi konvensional sering kita lihat di galerigaleri,mal, di ruang publik, sekolah-sekolah dan berbagai tempat lainnya. Namun dunia fotografi saat ini, menunjukkan fakta bahwa ada kecenderungan pemanfaatan media sosial ataupun laman di internet sebagai ruang pamer virtual. Terjadi pergeseran tren, pameran fotografi melalui internet seolah dapat menggantikan pameran konvensional. Namun di sisi lain, pameran fotografi secara konvensional hingga saat ini masih marak dilaksanakan, baik oleh para seniman foto, maupun oleh komunitas-komunitas penggiat fotografi lainnya. Penelitian ini merupakan upaya untuk membandingkan pameran konvensional dan pameran di Internet dengan perspektif fungsi seni Edmund Burke Feldman, yang meliputi (1) Fungsi personal; (2) Fungsi Sosial; dan (3)Fungsi Fisik; serta persepektif pelaku pameran di internet. Pelaku pameran di internet yang dijadikan nara sumber ialah seniman Agan Harahap. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa di dalam mengadakan sebuah pameran, sangat penting untuk melakukan pemilihan ruang pamer yang akan berlangsung, sesuai kebutuhan yang tepat. Yogyakarta xii, 71 hal.: ilus., 30 cm S1/FT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic S1/FT
spellingShingle S1/FT
RAHMAWAN, Mohamad Vector
Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
description Pameran sejatinya merupakan kegiatan untuk menunjukkan hasil dari proses penciptaan karya, sebagai sarana menunjukkan luapan ekspresi dari seniman yang kemudian mendapat respon oleh penikmat atau khalayak umum sebagai sarana berkomunikasi dalam ranah seni. Pameran menjadi simbol kebanggan seniman atas capaiannya dalam berkarya, sehingga perlu dihadirkan kepada publik. Seperti pameran fotografi konvensional sering kita lihat di galerigaleri,mal, di ruang publik, sekolah-sekolah dan berbagai tempat lainnya. Namun dunia fotografi saat ini, menunjukkan fakta bahwa ada kecenderungan pemanfaatan media sosial ataupun laman di internet sebagai ruang pamer virtual. Terjadi pergeseran tren, pameran fotografi melalui internet seolah dapat menggantikan pameran konvensional. Namun di sisi lain, pameran fotografi secara konvensional hingga saat ini masih marak dilaksanakan, baik oleh para seniman foto, maupun oleh komunitas-komunitas penggiat fotografi lainnya. Penelitian ini merupakan upaya untuk membandingkan pameran konvensional dan pameran di Internet dengan perspektif fungsi seni Edmund Burke Feldman, yang meliputi (1) Fungsi personal; (2) Fungsi Sosial; dan (3)Fungsi Fisik; serta persepektif pelaku pameran di internet. Pelaku pameran di internet yang dijadikan nara sumber ialah seniman Agan Harahap. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa di dalam mengadakan sebuah pameran, sangat penting untuk melakukan pemilihan ruang pamer yang akan berlangsung, sesuai kebutuhan yang tepat.
format Tugas Akhir
author RAHMAWAN, Mohamad Vector
author_facet RAHMAWAN, Mohamad Vector
author_sort RAHMAWAN, Mohamad Vector
title Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
title_short Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
title_full Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
title_fullStr Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
title_full_unstemmed Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
title_sort pameran konvensional & internet: sebuah studi komparatif karya agan harahap melalui perspektif fungsi seni
publisher FSMR ISI Yogyakarta
publishDate 2018
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42169
_version_ 1741201602278064128