Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni
Pameran sejatinya merupakan kegiatan untuk menunjukkan hasil dari proses penciptaan karya, sebagai sarana menunjukkan luapan ekspresi dari seniman yang kemudian mendapat respon oleh penikmat atau khalayak umum sebagai sarana berkomunikasi dalam ranah seni. Pameran menjadi simbol kebanggan seniman at...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSMR ISI Yogyakarta
2018
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42169 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42169 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-421692020-06-09T12:33:40Z Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni RAHMAWAN, Mohamad Vector FSMR ISI Yogyakarta 2018 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42169 FT/Rah/p/2018 Pameran sejatinya merupakan kegiatan untuk menunjukkan hasil dari proses penciptaan karya, sebagai sarana menunjukkan luapan ekspresi dari seniman yang kemudian mendapat respon oleh penikmat atau khalayak umum sebagai sarana berkomunikasi dalam ranah seni. Pameran menjadi simbol kebanggan seniman atas capaiannya dalam berkarya, sehingga perlu dihadirkan kepada publik. Seperti pameran fotografi konvensional sering kita lihat di galerigaleri,mal, di ruang publik, sekolah-sekolah dan berbagai tempat lainnya. Namun dunia fotografi saat ini, menunjukkan fakta bahwa ada kecenderungan pemanfaatan media sosial ataupun laman di internet sebagai ruang pamer virtual. Terjadi pergeseran tren, pameran fotografi melalui internet seolah dapat menggantikan pameran konvensional. Namun di sisi lain, pameran fotografi secara konvensional hingga saat ini masih marak dilaksanakan, baik oleh para seniman foto, maupun oleh komunitas-komunitas penggiat fotografi lainnya. Penelitian ini merupakan upaya untuk membandingkan pameran konvensional dan pameran di Internet dengan perspektif fungsi seni Edmund Burke Feldman, yang meliputi (1) Fungsi personal; (2) Fungsi Sosial; dan (3)Fungsi Fisik; serta persepektif pelaku pameran di internet. Pelaku pameran di internet yang dijadikan nara sumber ialah seniman Agan Harahap. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa di dalam mengadakan sebuah pameran, sangat penting untuk melakukan pemilihan ruang pamer yang akan berlangsung, sesuai kebutuhan yang tepat. Yogyakarta xii, 71 hal.: ilus., 30 cm S1/FT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
S1/FT |
spellingShingle |
S1/FT RAHMAWAN, Mohamad Vector Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni |
description |
Pameran sejatinya merupakan kegiatan untuk menunjukkan hasil dari proses penciptaan karya, sebagai sarana menunjukkan luapan ekspresi dari seniman yang kemudian mendapat respon oleh penikmat atau khalayak umum sebagai sarana berkomunikasi dalam ranah seni. Pameran menjadi simbol kebanggan seniman atas capaiannya dalam berkarya, sehingga perlu dihadirkan kepada publik. Seperti pameran fotografi konvensional sering kita lihat di galerigaleri,mal, di ruang publik, sekolah-sekolah dan berbagai tempat lainnya. Namun dunia fotografi saat ini, menunjukkan fakta bahwa ada kecenderungan pemanfaatan media sosial ataupun laman di internet sebagai ruang pamer virtual. Terjadi pergeseran tren, pameran fotografi melalui internet seolah dapat menggantikan pameran konvensional. Namun di sisi lain, pameran fotografi secara konvensional hingga saat ini masih marak dilaksanakan, baik oleh para seniman foto, maupun oleh komunitas-komunitas penggiat fotografi lainnya. Penelitian ini merupakan upaya untuk membandingkan pameran konvensional dan pameran di Internet dengan perspektif fungsi seni Edmund Burke Feldman, yang meliputi (1) Fungsi personal; (2) Fungsi Sosial; dan (3)Fungsi Fisik; serta persepektif pelaku pameran di internet. Pelaku pameran di internet yang dijadikan nara sumber ialah seniman Agan Harahap. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa di dalam mengadakan sebuah pameran, sangat penting untuk melakukan pemilihan ruang pamer yang akan berlangsung, sesuai kebutuhan yang tepat. |
format |
Tugas Akhir |
author |
RAHMAWAN, Mohamad Vector |
author_facet |
RAHMAWAN, Mohamad Vector |
author_sort |
RAHMAWAN, Mohamad Vector |
title |
Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni |
title_short |
Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni |
title_full |
Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni |
title_fullStr |
Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni |
title_full_unstemmed |
Pameran Konvensional & Internet: Sebuah Studi Komparatif Karya Agan Harahap Melalui Perspektif Fungsi Seni |
title_sort |
pameran konvensional & internet: sebuah studi komparatif karya agan harahap melalui perspektif fungsi seni |
publisher |
FSMR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2018 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42169 |
_version_ |
1741201602278064128 |