Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu
Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Tranformasi Burung Elang Dalam Penciptaan Karya Kayu adalah karya dekoratif yang mengadaptasi trend yang mulai berkembang saat ini dengan menerapkan tema Burung Elang dalam visualisasinya. Burung Elang merupakan salah satu burung yang tergolong burung peman...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42198 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42198 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-421982020-06-12T13:28:28Z Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu APRIANTO, Taufan kriya kayu FSR ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42198 KK/Apr/t/2020 Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Tranformasi Burung Elang Dalam Penciptaan Karya Kayu adalah karya dekoratif yang mengadaptasi trend yang mulai berkembang saat ini dengan menerapkan tema Burung Elang dalam visualisasinya. Burung Elang merupakan salah satu burung yang tergolong burung pemangsa yang dikenal menakjubkan dalam berburu. Selain itu Burung Elang ini banyak digunakan sebagai simbol semangat pantang menyerah, perlindungan, kecepatan, kekuatan, dan kekuasaan di udara. Dalam populasinya Burung Elang ini masuk dalam kategori yang hampir punah, pesebarannya berada di daerahPadang Rumput, Hutan Savanna, dan Jenis Hutan Terbuka dan juga dapat dijumpai di pulau Jawa membuat Burung Elang lebih mudah dan menarik untuk dijadikan sebagai sumber penciptaan. Metode penciptaan yang digunakan pada karya ini adalah pendekatan estetika dari Djelantik dan pendekatan semiotika konsep tipologi ganda Pierce. Metode pengumpulan data melalui metode studi pustaka, observasi, dokumentasi, sketsa karya, dan metode analisis. Teknik pewujudan yang digunakan dalam keseluruhan karya ini yaitu teknik ukir kayu, teknik scroll dan teknik finishing menggunakan cat politur dan melamine. Penciptaan Tugas Akhir ini menghasilkan lima karya, yaitu “Tatapan”, “Feather Lamp”, “Dream Catcher”, “Terbang”, dan “Waktu”. Dari karya-karya tersebut dapat dianalisis dari estetikanya yaitu nilai suatu keindahan dari segi bentuk, proporsi, penonjolan, keseimbangan, serta harmoninya, dan dari analisisnya terdapat berbagai makna dari simbol tersebut serta terdapat icon dan indeksnya. Melalui karya-karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyatapenulis dalam memberikan penyegaran baik secara visual karya kriya kayu di dalam lingkungan akademisi penulis serta dapat menjadi pijakan khususnya penulis dalam berkarya ke depannya.Kata Kunci: Transformasi, Burung Elang, Kriya Yogyakarta xii+86 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
kriya kayu NONE |
spellingShingle |
kriya kayu NONE APRIANTO, Taufan Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu |
description |
Penciptaan Karya Tugas Akhir yang berjudul Tranformasi Burung Elang Dalam Penciptaan Karya Kayu adalah karya dekoratif yang mengadaptasi trend yang mulai berkembang saat ini dengan menerapkan tema Burung Elang dalam visualisasinya. Burung Elang merupakan salah satu burung yang tergolong burung pemangsa yang dikenal menakjubkan dalam berburu. Selain itu Burung Elang ini banyak digunakan sebagai simbol semangat pantang menyerah, perlindungan, kecepatan, kekuatan, dan kekuasaan di udara. Dalam populasinya Burung Elang ini masuk dalam kategori yang hampir punah, pesebarannya berada di daerahPadang Rumput, Hutan Savanna, dan Jenis Hutan Terbuka dan juga dapat dijumpai di pulau Jawa membuat Burung Elang lebih mudah dan menarik untuk dijadikan sebagai sumber penciptaan. Metode penciptaan yang digunakan pada karya ini adalah pendekatan estetika dari Djelantik dan pendekatan semiotika konsep tipologi ganda Pierce. Metode pengumpulan data melalui metode studi pustaka, observasi, dokumentasi, sketsa karya, dan metode analisis. Teknik pewujudan yang digunakan dalam keseluruhan karya ini yaitu teknik ukir kayu, teknik scroll dan teknik finishing menggunakan cat politur dan melamine. Penciptaan Tugas Akhir ini menghasilkan lima karya, yaitu “Tatapan”, “Feather Lamp”, “Dream Catcher”, “Terbang”, dan “Waktu”. Dari karya-karya tersebut dapat dianalisis dari estetikanya yaitu nilai suatu keindahan dari segi bentuk, proporsi, penonjolan, keseimbangan, serta harmoninya, dan dari analisisnya terdapat berbagai makna dari simbol tersebut serta terdapat icon dan indeksnya. Melalui karya-karya ini diharapkan dapat menjadi kontribusi nyatapenulis dalam memberikan penyegaran baik secara visual karya kriya kayu di dalam lingkungan akademisi penulis serta dapat menjadi pijakan khususnya penulis dalam berkarya ke depannya.Kata Kunci: Transformasi, Burung Elang, Kriya |
format |
Tugas Akhir |
author |
APRIANTO, Taufan |
author_facet |
APRIANTO, Taufan |
author_sort |
APRIANTO, Taufan |
title |
Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu |
title_short |
Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu |
title_full |
Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu |
title_fullStr |
Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu |
title_full_unstemmed |
Transformasi Burung Elang dalam Penciptaan Karya Kayu |
title_sort |
transformasi burung elang dalam penciptaan karya kayu |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42198 |
_version_ |
1741201607959248896 |