Digital championshift : #UKMIndonesiawiningMEA

Ada lima hal penting yang dapat membantu UKM mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA dan meningkatkan daya saing bisnisnya sehingga dapat mencapai pertumbuhan yang diinginkan. Pertama, bagaimana pelaku UKM mampu menciptakan high value solutions bagi konsumennya (Customer Value). Kedua, bagaimana pel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AWALUDDIN, Muhammad
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: Gramedia Pustaka Utama 2016
Subjects:
UKM
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42237
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Ada lima hal penting yang dapat membantu UKM mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA dan meningkatkan daya saing bisnisnya sehingga dapat mencapai pertumbuhan yang diinginkan. Pertama, bagaimana pelaku UKM mampu menciptakan high value solutions bagi konsumennya (Customer Value). Kedua, bagaimana pelaku UKM mengelola keunggulan sumber daya manusianya agar mampu menghadapi persaingan global (Human Champion). Ketiga, bagaimana pelaku UKM mampu bermitra dengan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) untuk berkolaborasi dalam menciptakan nilai dari barang atau jasa unggulan perusahaan tersebut (Alliance & Partnership). Keempat, bagaimana perusahaan dapat memperluas pangsa pasar dengan melakukan ekspansi pasar, baik secara horizontal maupun vertikal (Market Expansion). Kelima, bagaimana pelaku UKM mampu menciptakan barang atau jasa yang unggul dan unik dibanding pesaingnya (Product Leadership). Kelima faktor tersebut terangkai dalam sebuah SHIFTology Concept yang disebut Pentamodel of Digital Championshift (CHAMP).