Peran Modal Sosial dalam Pengelolaan Objek Wisata Alam Kalibiru Kabupaten Kulon Progo

Pariwisata yang memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian negaraperlu dikembangkan. Dalam upaya pengembangan tersebut diperlukan partisipasidari seluruh lapisan masyarakat. Keterbatasan pemerintah dalam mengembangkanwisata perlu dukungan dari seluruh masyarakat. Kalibiru sebagai salah satu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HESTININGTYAS, Lusia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yk 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42315
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pariwisata yang memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian negaraperlu dikembangkan. Dalam upaya pengembangan tersebut diperlukan partisipasidari seluruh lapisan masyarakat. Keterbatasan pemerintah dalam mengembangkanwisata perlu dukungan dari seluruh masyarakat. Kalibiru sebagai salah satu daerahyang memiliki potensi wisata telah berkembang berkat partisipasi masyarakat.Modal sosial sebagai sumber daya masyarakat tradisional diperlukan untukmendukung partisipasi masyarakat. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuanuntuk menganalisis potensi modal sosial dalam masyarakat Kalibiru serta peranmodal sosial dalam pengelolaan objek wisata alam Kalibiru. Setelah dilakukananalisis kualitatif deskriptif, telah diperoleh temuan bahwa masyarakat Kalibirumemiliki potensi modal sosial yang berperan dalam pengelolaan objek wisataalam Kalibiru. Bentuk modal sosial yang ada dalam masyarakat Kalibiru yaknirewang, kenduri, kerjabakti, tinjo layatan, dan arisan RT. Bentuk modal sosialtersebut telah melahirkan elemen-elemen modal sosial yakni kepercayaan (trust),jaringan (network), dan norma (norms) yang berperan dalam pengelolaan objekwisata alam Kalibiru. Kepercayaan (trust) antar pengelola maupun karyawan telahmemudahkan proses perencanaan dan pemecahan konflik sebagai tugaskepemimpinan manajemen. Kemudian Norma (norms) berperan menciptakanperilaku yang baik sehingga memudahkan proses pengawasan manajemen untukmemastikan pelayanan terhadap pengunjung berjalan baik, serta norma-normainformal sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan telah melahirkankenyamanan dalam bekerja bersama sebagai pengelola maupun karyawan.Jaringan (network) dalam masyarakat dengan pihak luar berperan memudahkanpenanganan perjalanan wisatawan dalam menerima informasi maupun kendala perjalanan.