Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sight reading sebagai upaya peningkatan keterampilan membaca notasi musik pada instrument violin di Unisounds Management. Permasalahan siswa dalam membaca notasi musik seringkali menyebabkan siswa kesulitan dalam mengikuti kegiatan ansambel violin, tidak han...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUJONO, Adyn Norr Siva Ahadiah
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42358
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42358
record_format oai_dc
spelling isilib-423582020-07-15T16:03:15Z Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management SUJONO, Adyn Norr Siva Ahadiah notasi Musik Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta 2019 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42358 MS/Suj/s/2019 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sight reading sebagai upaya peningkatan keterampilan membaca notasi musik pada instrument violin di Unisounds Management. Permasalahan siswa dalam membaca notasi musik seringkali menyebabkan siswa kesulitan dalam mengikuti kegiatan ansambel violin, tidak hanya dalam kegiatan ansambel violin, pada kegiatan kelas instrumen siswa juga mengalami kesulitan dalam membaca nostasi musik. Hal ini menyebabkan terhambatnya pada kegiatan belajar mengajar di Unisounds Management. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terahdap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Pengumpulan data secara mendetail dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data dan bersifat deskriptif, cenderung menggunakan analisis. Subjek penelitian adalah dua siswa privat dan dua siswa regular di Unisounds Management yang mengikuti kursus violin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan siswa memiliki kesulitan dalam membaca materi sight reading karena belum terbiasa membaca secara langsung tanpa latihan terlebih dahulu. Pembelajaran praktik instrumen menggunakan materi sight reading memberikan maanfaat bagi peningkatan dalam membaca notasi musik. Hal ini juga berpengaruh pada pembelajaran praktik instrumen ansambel violin di Unisounds Management. Peningkatan dalam pembelajaran praktik instrumen siswa Unisounds Management juga mengalami peningkatan dalam membaca notasi musik. Kata kunci: Sight Reading, Notasi Musik, Violin Yogyakarta NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic notasi
Musik
NONE
spellingShingle notasi
Musik
NONE
SUJONO, Adyn Norr Siva Ahadiah
Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sight reading sebagai upaya peningkatan keterampilan membaca notasi musik pada instrument violin di Unisounds Management. Permasalahan siswa dalam membaca notasi musik seringkali menyebabkan siswa kesulitan dalam mengikuti kegiatan ansambel violin, tidak hanya dalam kegiatan ansambel violin, pada kegiatan kelas instrumen siswa juga mengalami kesulitan dalam membaca nostasi musik. Hal ini menyebabkan terhambatnya pada kegiatan belajar mengajar di Unisounds Management. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan proses penelitian dimana peneliti melakukan eksplorasi secara mendalam terahdap program, kejadian, proses, aktivitas, terhadap satu orang atau lebih. Pengumpulan data secara mendetail dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data dan bersifat deskriptif, cenderung menggunakan analisis. Subjek penelitian adalah dua siswa privat dan dua siswa regular di Unisounds Management yang mengikuti kursus violin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan siswa memiliki kesulitan dalam membaca materi sight reading karena belum terbiasa membaca secara langsung tanpa latihan terlebih dahulu. Pembelajaran praktik instrumen menggunakan materi sight reading memberikan maanfaat bagi peningkatan dalam membaca notasi musik. Hal ini juga berpengaruh pada pembelajaran praktik instrumen ansambel violin di Unisounds Management. Peningkatan dalam pembelajaran praktik instrumen siswa Unisounds Management juga mengalami peningkatan dalam membaca notasi musik. Kata kunci: Sight Reading, Notasi Musik, Violin
format Partitur/Praktek Musik
author SUJONO, Adyn Norr Siva Ahadiah
author_facet SUJONO, Adyn Norr Siva Ahadiah
author_sort SUJONO, Adyn Norr Siva Ahadiah
title Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management
title_short Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management
title_full Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management
title_fullStr Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management
title_full_unstemmed Sight Readung Sebagai Upaya Meningkatkan Ketrampilan Membaca Notasi Musik Pada Instrument Violin Di Unisounds Management
title_sort sight readung sebagai upaya meningkatkan ketrampilan membaca notasi musik pada instrument violin di unisounds management
publisher Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42358
_version_ 1741201638530482176