Setting Interior sebagai Representasi Karakter Tokoh Utama dalam Tata Artistik Film Fiksi “Malam Minggu Kliwon”
Konsep penciptaan karya ini menekankan pada setting interior yang bersifat representatif berdasarkan karakter dari masing-masing tokoh utama. Setiap ruang yang erat kaitannya dengan tokoh utama akan ditata sedemikian rupa untuk dapat mewakili kepribadian serta relasi antar keseluruhannya di sepanjan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42434 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Konsep penciptaan karya ini menekankan pada setting interior yang bersifat representatif berdasarkan karakter dari masing-masing tokoh utama. Setiap ruang yang erat kaitannya dengan tokoh utama akan ditata sedemikian rupa untuk dapat mewakili kepribadian serta relasi antar keseluruhannya di sepanjang film. Penonton diharapkan dapat mengenal dan merasakan karakter tokoh hingga mengerti alur naratif film dengan menyaksikan hasil penataan ruang dalam (interior). Hal tersebut akan diwujudkan dengan tata artistik yang bersifat representatif sesuai pada naskah dan pendalaman setiap karakter. Film “Malam Minggu Kliwon” berkisah tentang Valno, seorang pemuda yang mengalami kejadian aneh saat sedang berkunjung ke rumah kekasihnya. Hal tersebut tidak lain bersumber dari Pak Kliwon atau ayah dari kekasih Valno yang sedang berusaha mencari tau sifat-sifat asli dari kekasihnya anaknya sendiri. Pak Kliwon menggunakan ilmu supranatural hingga bisa berubah wujud menjadi sosok Dina; anak semata wayangnya. Ketiganya pun memiliki karakter kuat yang berbeda satu sama lain, namun juga saling berketerkaitan di beberapa poin sifat atau kepribadian tertentu.Kata Kunci : Tata Artistik, Setting Interior, Representasi, Karakter, Tokoh Utama |
---|