Model Pembelajaran Seni Teater di SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan Bantul
Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan model pembelajaran seni teater kelas VII di SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan Bantul. Model pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran dipilih oleh guru sesuai dengan materi yang akan diterapkan pada pros...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42435 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan mengkaji dan mendeskripsikan model pembelajaran seni teater kelas VII di SMP Islam Terpadu (IT) Ar Raihan Bantul. Model pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran dipilih oleh guru sesuai dengan materi yang akan diterapkan pada proses belajar mengajar.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Tahap analisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsikan sebagai data mentah yang kemudian di klarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi bentuk proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa model pembelajaran seni teater kelas VII SMP IT Ar Raihan Bantul cukup efektif dalam proses pembelajaran mampu mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik, hal ini terbukti dengan nilai yang diperoleh peserta didik. Sehingga dengan demikian dapat dipahami bahwa guru mampu menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan model pembelajaran Jigsaw dengan baik dan dipandang bahwa yang diterapkan tersebut sudah efektif. Faktor Pendukung dalam proses pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran seni teater kelas VII SMP IT Ar Raihan Bantul yaitu tenaga pengajar, sarana prasarana, dan keadaan sekolah. Adapun faktor penghambatnya yaitu minat dan perhatian peserta didik.Kata kunci: Model Pembelajaran, Seni Teater, Efektif |
---|