Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa, serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BARUS, Ade Fria Setyawan
Format: Partitur/Praktek Musik
Language:Indonesian
Published: Jur Musik FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42483
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42483
record_format oai_dc
spelling isilib-424832020-07-29T16:27:05Z Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta BARUS, Ade Fria Setyawan individu vokal klasik Pembelajaran Jur Musik FSP ISI Yogyakarta 2019 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42483 MS/Bar/p/2019 Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa, serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan, metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap murid. Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu. Yogyakarta x+66hal., ill.; 21cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic individu
vokal klasik
Pembelajaran
NONE
spellingShingle individu
vokal klasik
Pembelajaran
NONE
BARUS, Ade Fria Setyawan
Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
description Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran vokal klasik dan tingkat kesulitan yang dialami siswa, serta mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam belajar vokal klasik secara individu di Virtuoso Music Course Yogyakarta. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memahami suatu kondisi pembelajaran vokal klasik di Virtuoso Music Course Yogyakarta melalui Pengumpulan data, dengan melakukan observasi partisipatif, dokumentasi dan wawancara terhadap murid dan pengajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa murid vokal klasik mengikuti pembelajaran secara individu dengan metode dan kurikulum yang sudah lama diterapkan sejak berdirinya Virtuoso Music Course Yogyakarta. Pengajar memvariasikan kurikulum tersebut dengan keadaan murid saat mengkuti proses belajar vokal klasik secara individu. Perbedaan umur pada setiap murid mengharuskan pengajar untuk memberikan beberapa metode seperti,metode pendekatan, metode tanya jawab, metode imitative, apresiasi dan metode tanya jawab. Hasil dari setiap proses pembelajaran yang diikuti setiap murid memiliki keberhasilan yang berbeda-beda baik dalam segi penguasaan lagu maupun teknik vokal yang sudah diberikan pengajar terhadap murid. Kata Kunci : Pembelajaran, Vokal Klasik, Individu.
format Partitur/Praktek Musik
author BARUS, Ade Fria Setyawan
author_facet BARUS, Ade Fria Setyawan
author_sort BARUS, Ade Fria Setyawan
title Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
title_short Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
title_full Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Vokal Klasik Secara Individu Pada Tingkat Pertama Di Virtuoso Music Course Yogyakarta
title_sort pembelajaran vokal klasik secara individu pada tingkat pertama di virtuoso music course yogyakarta
publisher Jur Musik FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42483
_version_ 1741201662607884288