Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta

Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTO, Chandra Adhi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42495
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42495
record_format oai_dc
spelling isilib-424952020-07-30T14:15:37Z Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta SUSANTO, Chandra Adhi pendidikan karakter FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42495 PSP/Sus/n/2019 Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikankarakter fragmen naskah drama “Lentera”, penerapan naskahnya dalam pembelajaran seni budaya, dan dampak pembelajarannya bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tahapan alisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsi kan sebagai data mentah yang kemudian diklarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pembelajaran naskah drama “Lentera”, pemahaman nilai pendidikan karakter drama “Lentera” dan proses latihan drama “Lentera”. Fragmen naskah drama “Lentera” memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang diterapkan pada fragmen naskah drama “Lentera” adalah metode ceramah, diskusi,tanya jawab, demonstrasi, danimitasi.Fragmen naskah drama “Lentera” berdampak disetiap proses pembelajarannya,yaknidampakpositifdari proses latihan, pemahaman isi cerita, pemahaman karakter tokoh, dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter.Kata kunci: Pendidikan karakter, drama, pembelajaran. Yogyakarta xv +210 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic pendidikan karakter
NONE
spellingShingle pendidikan karakter
NONE
SUSANTO, Chandra Adhi
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
description Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikankarakter fragmen naskah drama “Lentera”, penerapan naskahnya dalam pembelajaran seni budaya, dan dampak pembelajarannya bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tahapan alisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsi kan sebagai data mentah yang kemudian diklarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pembelajaran naskah drama “Lentera”, pemahaman nilai pendidikan karakter drama “Lentera” dan proses latihan drama “Lentera”. Fragmen naskah drama “Lentera” memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang diterapkan pada fragmen naskah drama “Lentera” adalah metode ceramah, diskusi,tanya jawab, demonstrasi, danimitasi.Fragmen naskah drama “Lentera” berdampak disetiap proses pembelajarannya,yaknidampakpositifdari proses latihan, pemahaman isi cerita, pemahaman karakter tokoh, dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter.Kata kunci: Pendidikan karakter, drama, pembelajaran.
format Tugas Akhir
author SUSANTO, Chandra Adhi
author_facet SUSANTO, Chandra Adhi
author_sort SUSANTO, Chandra Adhi
title Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
title_short Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
title_full Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
title_fullStr Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
title_full_unstemmed Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
title_sort nilai nilai pendidikan karakter fragmen naskah drama lentera dalam pembelajaran seni budaya di smp piri 1 yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42495
_version_ 1741201664840302592