Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2019
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42495 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42495 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-424952020-07-30T14:15:37Z Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta SUSANTO, Chandra Adhi pendidikan karakter FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42495 PSP/Sus/n/2019 Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikankarakter fragmen naskah drama “Lentera”, penerapan naskahnya dalam pembelajaran seni budaya, dan dampak pembelajarannya bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tahapan alisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsi kan sebagai data mentah yang kemudian diklarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pembelajaran naskah drama “Lentera”, pemahaman nilai pendidikan karakter drama “Lentera” dan proses latihan drama “Lentera”. Fragmen naskah drama “Lentera” memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang diterapkan pada fragmen naskah drama “Lentera” adalah metode ceramah, diskusi,tanya jawab, demonstrasi, danimitasi.Fragmen naskah drama “Lentera” berdampak disetiap proses pembelajarannya,yaknidampakpositifdari proses latihan, pemahaman isi cerita, pemahaman karakter tokoh, dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter.Kata kunci: Pendidikan karakter, drama, pembelajaran. Yogyakarta xv +210 hal.; ilus.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
pendidikan karakter NONE |
spellingShingle |
pendidikan karakter NONE SUSANTO, Chandra Adhi Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta |
description |
Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikankarakter fragmen naskah drama “Lentera”, penerapan naskahnya dalam pembelajaran seni budaya, dan dampak pembelajarannya bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tahapan alisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsi kan sebagai data mentah yang kemudian diklarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pembelajaran naskah drama “Lentera”, pemahaman nilai pendidikan karakter drama “Lentera” dan proses latihan drama “Lentera”. Fragmen naskah drama “Lentera” memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang diterapkan pada fragmen naskah drama “Lentera” adalah metode ceramah, diskusi,tanya jawab, demonstrasi, danimitasi.Fragmen naskah drama “Lentera” berdampak disetiap proses pembelajarannya,yaknidampakpositifdari proses latihan, pemahaman isi cerita, pemahaman karakter tokoh, dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter.Kata kunci: Pendidikan karakter, drama, pembelajaran. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SUSANTO, Chandra Adhi |
author_facet |
SUSANTO, Chandra Adhi |
author_sort |
SUSANTO, Chandra Adhi |
title |
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_short |
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_full |
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_fullStr |
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta |
title_sort |
nilai nilai pendidikan karakter fragmen naskah drama lentera dalam pembelajaran seni budaya di smp piri 1 yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2019 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42495 |
_version_ |
1741201664840302592 |