Model Pembelajaran Cooperatif Learning Ekstrakurikuler Musik Keroncong Di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta
Penelitian dengan judul Model Pembelajaran Ekstrakurikuler MusikKeroncong di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta berlatar belakang mengenaifenomena siswa SD sudah bermain musik keroncong. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan diSD Tamansiswa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42614 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian dengan judul Model Pembelajaran Ekstrakurikuler MusikKeroncong di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta berlatar belakang mengenaifenomena siswa SD sudah bermain musik keroncong. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan diSD Tamansiswa Jetis Yogyakarta dalam ekstrakurikuler musik keroncong. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dalammenganalisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) sajian data, dan 3) penarikansimpulan. Untuk kemudian data diuji keabsahannya dengan 1) triangulasi teknik,dan 2) triangulasi sumber.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model yang digunakan dalampembelajaran ekstrakurikuler musik keroncong di SD Tamansiswa Yogyakartayaitu model pembelajaran cooperative learning. Penggunaan model pembelajarandi atas digunakan guru atau pelatih sesuai dengan kondisi dan suasana kelas, karena jumlah siswa mempengaruhi penggunaan model pembelajaran. Mengenai model pembelajaran, guru menerapkan secara variatif dalam arti pada saat gurumenjelaskan materi pelajaran, juga menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yangdianggap penting untuk diketahui siswa |
---|