Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh
Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji unsur budaya non-Eropa didalam komposisi musik Barat. Arabesque no.1 karya Claude Debussy merupakan The Frist Deux Arabesques yang merupakan salahsatu komposisi awal Debussy. Debussy adalah komposer impressionis yang menjadi pelopor revolusi musik abad-20. Revol...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42698 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42698 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-426982020-10-16T07:48:39Z Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh AINI, Nafisah Analisis Bentuk Musik arabesque debussy teori maqam Arab Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42698 MS/Ain/i/2020 Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji unsur budaya non-Eropa didalam komposisi musik Barat. Arabesque no.1 karya Claude Debussy merupakan The Frist Deux Arabesques yang merupakan salahsatu komposisi awal Debussy. Debussy adalah komposer impressionis yang menjadi pelopor revolusi musik abad-20. Revolusi musik abad-20 dimulai di Prancis Bersama Claude Debussy bersamaan dengan munculnya lukisan “ Impressionis sunrise” karya Claude Monet. Arabesque berisi petunjuk tentang perkembangan gaya musik Debussy mengikuti bentuk seni visual Prancis pada zaman impressionis. Debussy merupakan salahsatu komposer zaman Impressionis yang memasukan unsur budaya non-Eropa didalam komposisi musik Baratnya. Interpretasi Deux Arabesques No.1 Claude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Maqam Arab pada Musik Barat Abad Ke-20 adalah karya Tugas Akhir yang membahas aspek teoretis elemen-elemen musik Arab pada komposisi solo piano musik Barat abad ke-20 yang berjudul “Arabesque no 1” karya Claude Debussy. Subjek penelitian akan dikaji dengan kombinasi pendekatanan analitikal musik Barat dan teori-teori musik Arab dengan menggunakan metode teoritikal , yaitu teori tentang maqam Arab. Dalam penelitian ini keberadaan pengaruh-pengaruh teori tersebut dikaji pada bagian-bagian Arabesque No.1 menggunakan dua aspek teoretis musikologi Barat dan Teori musik Maqam Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karya tersebut memiliki unsur elemen-elemen teori musik Arab pada bagian-bagian tertentu. Unsur-unsur yang ditemukan meliputi elemen-elemen Iqa’ (ritmis), Jins (terta-chord) dan Maqam (tanggan nada). Yogyakarta xvi + 74 hlm.: lamp.; notasi; naskah publikasi ; 2 MS/Ain/i/2020 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Analisis Bentuk Musik arabesque debussy teori maqam Arab MS/Ain/i/2020 |
spellingShingle |
Analisis Bentuk Musik arabesque debussy teori maqam Arab MS/Ain/i/2020 AINI, Nafisah Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh |
description |
Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji unsur budaya non-Eropa didalam komposisi musik Barat. Arabesque no.1 karya Claude Debussy merupakan The Frist Deux Arabesques yang merupakan salahsatu komposisi awal Debussy. Debussy adalah komposer impressionis yang menjadi pelopor revolusi musik abad-20. Revolusi musik abad-20 dimulai di Prancis Bersama Claude Debussy bersamaan dengan munculnya lukisan “ Impressionis sunrise” karya Claude Monet. Arabesque berisi petunjuk tentang perkembangan gaya musik Debussy mengikuti bentuk seni visual Prancis pada zaman impressionis. Debussy merupakan salahsatu komposer zaman Impressionis yang memasukan unsur budaya non-Eropa didalam komposisi musik Baratnya. Interpretasi Deux Arabesques No.1 Claude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Maqam Arab pada Musik Barat Abad Ke-20 adalah karya Tugas Akhir yang membahas aspek teoretis elemen-elemen musik Arab pada komposisi solo piano musik Barat abad ke-20 yang berjudul “Arabesque no 1” karya Claude Debussy. Subjek penelitian akan dikaji dengan kombinasi pendekatanan analitikal musik Barat dan teori-teori musik Arab dengan menggunakan metode teoritikal , yaitu teori tentang maqam Arab. Dalam penelitian ini keberadaan pengaruh-pengaruh teori tersebut dikaji pada bagian-bagian Arabesque No.1 menggunakan dua aspek teoretis musikologi Barat dan Teori musik Maqam Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karya tersebut memiliki unsur elemen-elemen teori musik Arab pada bagian-bagian tertentu. Unsur-unsur yang ditemukan meliputi elemen-elemen Iqa’ (ritmis), Jins (terta-chord) dan Maqam (tanggan nada). |
format |
Tugas Akhir |
author |
AINI, Nafisah |
author_facet |
AINI, Nafisah |
author_sort |
AINI, Nafisah |
title |
Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh |
title_short |
Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh |
title_full |
Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh |
title_fullStr |
Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh |
title_full_unstemmed |
Interpretsi Deux Arabesques No. 1 Karya Calude Debussy: Suatu Kajian Teoretikal Keberadaan Maqam Arab Pada Musik Barat Abad Keduapuluh |
title_sort |
interpretsi deux arabesques no. 1 karya calude debussy: suatu kajian teoretikal keberadaan maqam arab pada musik barat abad keduapuluh |
publisher |
Jur. Musik FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42698 |
_version_ |
1741201704038170624 |