Representasi Serial Anime SSSS.GRIDMAN melalui Cosplay dalam Fotografi Ekspresi

Karya tugas akhir fotografi ekspresi ini menampilkan serial animeSSSS.GRIDMAN yang direpresentasikan melalui cosplay. Cosplay yangmerupakan singkatan dari costume play adalah kegiatan menirukan karakter favoritdengan cara berpakaian dan bertindak semirip mungkin dengan karakter tersebut.Tujuan dari...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURMANSYAH, Ibnu Majid Adam
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Prodi S-1 Fotografi Jurusan Fotografi FSMR ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42710
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Karya tugas akhir fotografi ekspresi ini menampilkan serial animeSSSS.GRIDMAN yang direpresentasikan melalui cosplay. Cosplay yangmerupakan singkatan dari costume play adalah kegiatan menirukan karakter favoritdengan cara berpakaian dan bertindak semirip mungkin dengan karakter tersebut.Tujuan dari penciptaan fotografi ekspresi ini adalah menyajikan kegiatan remajayang paling diminati di kalangan penggemar pop culture Jepang di seluruh duniadengan dandanan cosplay kepada masyarakat umum dan akademisi.Teknik fotografi ekspresi diterapkan dalam pemilihan pose, sudut pandangserta penentuan warna untuk mengadaptasi cerita SSSS.GRIDMAN, didukungdengan ide, olah digital dan teknik foto yang baik. Teknik masking dalam softwareediting Adobe Photoshop digunakan ntuk membuat visual yang diinginkan.Meskipun kegiatan cosplay telah didalami penulis selama tujuh tahun, observasiterhadap cosplayer lokal, internasional, dan fotografer cosplay tetap dilakukanuntuk membantu mengumpulkan data terbaru dalam penciptaan karya ini.Hasil karya tugas akhir ini mampu menghadirkan visual yang menarik untukmemperkenalkan cosplay kepada masyarakat umum, orang-orang seni, dan jugaakademisi untuk menambah wawasan tentang keberadaan hobi ini. Dari wawasanini nantinya dapat digunakan untuk mengembangkan minat dan bakat dalam ranahprestasi, seni, industri kreatif dan ekonomi masyarakat.