Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon

Siswa-siswi Kelas VIII A dan VIII B semester 2 tahun ajaran 2018/2019 di SMP N 1 Sewon belum melaksanakan proses pembelajaran seni musik dengan baik, sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh belum memuaskan. Siswa-siswi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seni musik. Guru seni musik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFIN, Bilal Ihsanul
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42784
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42784
record_format oai_dc
spelling isilib-427842020-11-03T11:54:29Z Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon ARIFIN, Bilal Ihsanul musik sekolah FSP ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42784 PSP/Ari/m/2020 Siswa-siswi Kelas VIII A dan VIII B semester 2 tahun ajaran 2018/2019 di SMP N 1 Sewon belum melaksanakan proses pembelajaran seni musik dengan baik, sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh belum memuaskan. Siswa-siswi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seni musik. Guru seni musik masih kesulitan untuk memantau perkembangan belajar semua siswa-siswi dan capaian pembelajaran seni musik pada Penilaian Akhir Semester 2 tahun ajaran 2018/2019 belum optimal, pada masing-masing kelas masih terdapat lebih dari 3 anak yang memperoleh nilai mata pelajaran seni musik dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Tujuan dari penelitian ini adalah melaksanakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik Kelas IX A dan IX B semester 1, tahun ajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan tahap pelaksanaan, serta pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian dilakukan secara langsung ditempat penelitian, peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian dan reduksi data serta validasi data dilakukan secara terus menerus selama penelitian berlangsung. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sewon dan data pokok pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti juga melakukan studi pustaka untuk memperoleh informasi-informasi serta teori-teori yang relevan dalam penyusunan laporan penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini dimulai dari mencatat semua data yang telah valid, menganalisa data-data tersebut secara terus-menerus, mengambil kesimupulan terhadap data-data yang telah dianalisa, kemudian menyajikan data-data tersebut secara urut dan jelas. elajaran Project Based Learning di Kelas IX A dan IX B dilaksanakan dalam dua tahap, selama 15 kali pertemuan dan berpengaruh pada proses serta hasil pembelajaran seni musik. Guru seni musik menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memantau proses perkembangan belajar siswa-siswi. Siswa-siswi aktif dalam pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik. Pembelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B semakin optimal, siswa-siswi dapat menguasai materi pembelajaran seni musik dengan lebih mudah, dapat menyanyikan Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dan mengiringi Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” menggunakan instrumen gitar dengan baik, serta hasil pembelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B semakin meningkat. Pada akhir Tahap Project Based Learning, seluruh siswa-siswi Kelas IX A dan IX B memperoleh nilai mata pelajaran seni musik yang memuaskan.Kata Kunci : pelaksanaan, project based learning, pengaruh, model pembelajaran, seni musik. Yogyakarta xvii+123 hal.;ilus,; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic musik sekolah
NONE
spellingShingle musik sekolah
NONE
ARIFIN, Bilal Ihsanul
Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon
description Siswa-siswi Kelas VIII A dan VIII B semester 2 tahun ajaran 2018/2019 di SMP N 1 Sewon belum melaksanakan proses pembelajaran seni musik dengan baik, sehingga hasil pembelajaran yang diperoleh belum memuaskan. Siswa-siswi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran seni musik. Guru seni musik masih kesulitan untuk memantau perkembangan belajar semua siswa-siswi dan capaian pembelajaran seni musik pada Penilaian Akhir Semester 2 tahun ajaran 2018/2019 belum optimal, pada masing-masing kelas masih terdapat lebih dari 3 anak yang memperoleh nilai mata pelajaran seni musik dibawah KKM (kriteria ketuntasan minimal). Tujuan dari penelitian ini adalah melaksanakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik Kelas IX A dan IX B semester 1, tahun ajaran 2019/2020 dan mendeskripsikan tahap pelaksanaan, serta pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian dilakukan secara langsung ditempat penelitian, peneliti menjadi instrumen utama dalam penelitian dan reduksi data serta validasi data dilakukan secara terus menerus selama penelitian berlangsung. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sewon dan data pokok pada penelitian ini diperoleh melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti juga melakukan studi pustaka untuk memperoleh informasi-informasi serta teori-teori yang relevan dalam penyusunan laporan penelitian ini. Analisis data pada penelitian ini dimulai dari mencatat semua data yang telah valid, menganalisa data-data tersebut secara terus-menerus, mengambil kesimupulan terhadap data-data yang telah dianalisa, kemudian menyajikan data-data tersebut secara urut dan jelas. elajaran Project Based Learning di Kelas IX A dan IX B dilaksanakan dalam dua tahap, selama 15 kali pertemuan dan berpengaruh pada proses serta hasil pembelajaran seni musik. Guru seni musik menjadi lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran dan memantau proses perkembangan belajar siswa-siswi. Siswa-siswi aktif dalam pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran seni musik. Pembelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B semakin optimal, siswa-siswi dapat menguasai materi pembelajaran seni musik dengan lebih mudah, dapat menyanyikan Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” dan mengiringi Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” menggunakan instrumen gitar dengan baik, serta hasil pembelajaran seni musik di Kelas IX A dan IX B semakin meningkat. Pada akhir Tahap Project Based Learning, seluruh siswa-siswi Kelas IX A dan IX B memperoleh nilai mata pelajaran seni musik yang memuaskan.Kata Kunci : pelaksanaan, project based learning, pengaruh, model pembelajaran, seni musik.
format Tugas Akhir
author ARIFIN, Bilal Ihsanul
author_facet ARIFIN, Bilal Ihsanul
author_sort ARIFIN, Bilal Ihsanul
title Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon
title_short Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon
title_full Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon
title_fullStr Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon
title_full_unstemmed Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Seni Musik Kelas IX A dan IX B di SMP N 1 Sewon
title_sort model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran seni musik kelas ix a dan ix b di smp n 1 sewon
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42784
_version_ 1741201720102354945