Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media

Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki city branding dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah Sparkling Surabaya. Brand destinasi pariwisata yang memiliki makna gemerlap kota Surabaya ini telah berusia 11 tahun. Namun ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui akan keb...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RENZINA, Yudha Delonix
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42785
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42785
record_format oai_dc
spelling isilib-427852020-11-03T13:31:55Z Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media RENZINA, Yudha Delonix City Branding, Sparkling Surabaya, Brand Activatio Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42785 TES/DK/Ren/p/2019 Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki city branding dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah Sparkling Surabaya. Brand destinasi pariwisata yang memiliki makna gemerlap kota Surabaya ini telah berusia 11 tahun. Namun ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui akan keberadaan brand ini. Hal ini menjelaskan jika tingkat kesadaran masyarakat akan brand tersebut dinilai rendah. Perancangan ini memiliki tujuan untuk melakukan sebuah aktivasi dari Sparkling Surabaya ke masyarakat agar masyarakat bisa lebih mengenal city branding tersebut. Ambient media kemudian muncul sebagai media yang tepat utnuk melakukan aktivasi karena bentuknya yang menarik dan bisa menciptakan pengalaman pesan terhadap audience.Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan design thinking dari Tim Brown melalui proses emphaty, define, ideate, prototype, dan test. Selain itu untuk membantu landasan perancangan digunakan beberapa teori antara lain, teori komunikasi dari Harold D Lasswell, teori brand management dari Keller, teori aktivasi experiental marketing dari Schmitt, teori ambient media dari Wijaya dan teori semiotika komunikasi visual dari Sumbo Tinarbuko. Kemudian untuk risetnya menggunakan metodologi kualitatif melalui wawancara dan studi literatur dari beberapa buku penunjang. Keseluruhan metode perancangan tersebut nantinya digunakan sebagai proses pemecahan masalah yang dibutuhkan untuk membuat perancangan aktivasi Sparkling Surabaya melalui media yang dapat menarik perhatian target audience.Hal yang menjadi penemuan dalam proses perancangan ini adalah ambient media yang berbentuk photobooth bak sampah maskot Surabaya sebagai medium untuk menyampaikan pesan Surabaya yang green and clean. Selain itu program Mlaku Sparkling Suroboyo atau #Makaryo juga dihasilkan untuk mengajak masyarakat berwisata kota. Kontribusi perancangan ini bagi ilmu desain komunikasi visual adalah suatu pemanfaatan media kreatif seperti ambient media dalam melakukan sebuah aktivasi brand. Yogyakarta x + 148 hal.; ilus.: 30 cm TES/DK/Ren/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic City Branding, Sparkling Surabaya, Brand Activatio
TES/DK/Ren/p/2019
spellingShingle City Branding, Sparkling Surabaya, Brand Activatio
TES/DK/Ren/p/2019
RENZINA, Yudha Delonix
Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media
description Beberapa kota besar di Indonesia sudah memiliki city branding dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya adalah Sparkling Surabaya. Brand destinasi pariwisata yang memiliki makna gemerlap kota Surabaya ini telah berusia 11 tahun. Namun ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui akan keberadaan brand ini. Hal ini menjelaskan jika tingkat kesadaran masyarakat akan brand tersebut dinilai rendah. Perancangan ini memiliki tujuan untuk melakukan sebuah aktivasi dari Sparkling Surabaya ke masyarakat agar masyarakat bisa lebih mengenal city branding tersebut. Ambient media kemudian muncul sebagai media yang tepat utnuk melakukan aktivasi karena bentuknya yang menarik dan bisa menciptakan pengalaman pesan terhadap audience.Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah dengan menggunakan design thinking dari Tim Brown melalui proses emphaty, define, ideate, prototype, dan test. Selain itu untuk membantu landasan perancangan digunakan beberapa teori antara lain, teori komunikasi dari Harold D Lasswell, teori brand management dari Keller, teori aktivasi experiental marketing dari Schmitt, teori ambient media dari Wijaya dan teori semiotika komunikasi visual dari Sumbo Tinarbuko. Kemudian untuk risetnya menggunakan metodologi kualitatif melalui wawancara dan studi literatur dari beberapa buku penunjang. Keseluruhan metode perancangan tersebut nantinya digunakan sebagai proses pemecahan masalah yang dibutuhkan untuk membuat perancangan aktivasi Sparkling Surabaya melalui media yang dapat menarik perhatian target audience.Hal yang menjadi penemuan dalam proses perancangan ini adalah ambient media yang berbentuk photobooth bak sampah maskot Surabaya sebagai medium untuk menyampaikan pesan Surabaya yang green and clean. Selain itu program Mlaku Sparkling Suroboyo atau #Makaryo juga dihasilkan untuk mengajak masyarakat berwisata kota. Kontribusi perancangan ini bagi ilmu desain komunikasi visual adalah suatu pemanfaatan media kreatif seperti ambient media dalam melakukan sebuah aktivasi brand.
format Tugas Akhir
author RENZINA, Yudha Delonix
author_facet RENZINA, Yudha Delonix
author_sort RENZINA, Yudha Delonix
title Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media
title_short Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media
title_full Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Brand Activation Sparkling Surabaya melalui Ambient Media
title_sort perancangan komunikasi visual brand activation sparkling surabaya melalui ambient media
publisher Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42785
_version_ 1741201720286904320