Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42788 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42788 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-427882020-11-03T13:49:10Z Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta NEVADA, Rr. Akita Rheanita Musik pendidikan piano klasik FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42788 PSP/Nev/p/2020 Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran yang mencakup penyusunan materi ajar, strategi yang diterapkan, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan strategi penilaiannya. Komponen-komponen tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran piano klasik di Distinction Music School sehingga peserta didiknya dapat berhasil dalam berbagai kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripitf kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya lembaga kursus Distincition Music School barhasil dalam pembelajarannya karena materi ajar piano disusun sesuai kebutuhan dengan mengadopsi materi ajar lembaga kursus kelas internasional. Materi tersebut dikelola dengan menerapkan disiplin, kelas dikelola dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan namun dapat terlaksana dengan kondusif, media dan materi pengayaan menggunakan materi yang beredar secara umum akan tetapi diawasi secara ketat, serta menerapkan sistem penilaian berlapis yakni penilaian internal dan eksternal. Kata kunci: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif Yogyakarta xv+96 hal.; notasi.; ilus,; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Musik pendidikan piano klasik NONE |
spellingShingle |
Musik pendidikan piano klasik NONE NEVADA, Rr. Akita Rheanita Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta |
description |
Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran yang mencakup penyusunan materi ajar, strategi yang diterapkan, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan strategi penilaiannya. Komponen-komponen tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran piano klasik di Distinction Music School sehingga peserta didiknya dapat berhasil dalam berbagai kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripitf kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya lembaga kursus Distincition Music School barhasil dalam pembelajarannya karena materi ajar piano disusun sesuai kebutuhan dengan mengadopsi materi ajar lembaga kursus kelas internasional. Materi tersebut dikelola dengan menerapkan disiplin, kelas dikelola dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan namun dapat terlaksana dengan kondusif, media dan materi pengayaan menggunakan materi yang beredar secara umum akan tetapi diawasi secara ketat, serta menerapkan sistem penilaian berlapis yakni penilaian internal dan eksternal. Kata kunci: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif |
format |
Tugas Akhir |
author |
NEVADA, Rr. Akita Rheanita |
author_facet |
NEVADA, Rr. Akita Rheanita |
author_sort |
NEVADA, Rr. Akita Rheanita |
title |
Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta |
title_short |
Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta |
title_full |
Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta |
title_fullStr |
Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta |
title_sort |
pembelajaran piano klasik di lembaga kursus musik distinction music school yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42788 |
_version_ |
1741201720857329664 |