Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta

Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NEVADA, Rr. Akita Rheanita
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42788
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42788
record_format oai_dc
spelling isilib-427882020-11-03T13:49:10Z Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta NEVADA, Rr. Akita Rheanita Musik pendidikan piano klasik FSP ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42788 PSP/Nev/p/2020 Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran yang mencakup penyusunan materi ajar, strategi yang diterapkan, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan strategi penilaiannya. Komponen-komponen tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran piano klasik di Distinction Music School sehingga peserta didiknya dapat berhasil dalam berbagai kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripitf kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya lembaga kursus Distincition Music School barhasil dalam pembelajarannya karena materi ajar piano disusun sesuai kebutuhan dengan mengadopsi materi ajar lembaga kursus kelas internasional. Materi tersebut dikelola dengan menerapkan disiplin, kelas dikelola dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan namun dapat terlaksana dengan kondusif, media dan materi pengayaan menggunakan materi yang beredar secara umum akan tetapi diawasi secara ketat, serta menerapkan sistem penilaian berlapis yakni penilaian internal dan eksternal. Kata kunci: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif Yogyakarta xv+96 hal.; notasi.; ilus,; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik pendidikan
piano klasik
NONE
spellingShingle Musik pendidikan
piano klasik
NONE
NEVADA, Rr. Akita Rheanita
Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
description Latar belakang diadakan penelitian pembelajaran piano klasik di Distinction Music School Yogyakarta adalah lembaga tersebut menerapkan beberapa taktik saat proses pembelajaran sehingga dapat menghasilkan peserta didik berprestasi ditingkat nasional. Penulis ingin mengetahui proses pembelajaran piano tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran yang mencakup penyusunan materi ajar, strategi yang diterapkan, media yang digunakan, cara mengelola kelas, dan strategi penilaiannya. Komponen-komponen tersebut diharapkan dapat menjawab pertanyaan penelitian proses pembelajaran yang dilakukan dalam pembelajaran piano klasik di Distinction Music School sehingga peserta didiknya dapat berhasil dalam berbagai kompetisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskripitf kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen, sedangkan teknik validasi datanya menggunakan triangulasi teknik. Analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya lembaga kursus Distincition Music School barhasil dalam pembelajarannya karena materi ajar piano disusun sesuai kebutuhan dengan mengadopsi materi ajar lembaga kursus kelas internasional. Materi tersebut dikelola dengan menerapkan disiplin, kelas dikelola dengan menerapkan model pembelajaran yang menyenangkan namun dapat terlaksana dengan kondusif, media dan materi pengayaan menggunakan materi yang beredar secara umum akan tetapi diawasi secara ketat, serta menerapkan sistem penilaian berlapis yakni penilaian internal dan eksternal. Kata kunci: piano klasik, pembelajaran, deskriptif kualitatif
format Tugas Akhir
author NEVADA, Rr. Akita Rheanita
author_facet NEVADA, Rr. Akita Rheanita
author_sort NEVADA, Rr. Akita Rheanita
title Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
title_short Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
title_full Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Piano Klasik di Lembaga Kursus Musik Distinction Music School Yogyakarta
title_sort pembelajaran piano klasik di lembaga kursus musik distinction music school yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42788
_version_ 1741201720857329664