Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan

Kota Malang memiliki positioning sebagai kota wisata dengan branding “Beautiful Malang” yang belum mencangkup aspek Tribina Cita Kota Malang yaitu pendidikan dan industri. Branding ini justru menguntungkan kota lainnya yang memiliki kawasan wisata yang lebih baik. Disisi lain visual branding “Beauti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WARSAA, Yogi Widya Saka
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42794
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42794
record_format oai_dc
spelling isilib-427942020-11-03T14:33:06Z Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan WARSAA, Yogi Widya Saka Repositioning, Rebranding, City Branding, Kota Pen Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42794 TES/DK/War/p/2019 Kota Malang memiliki positioning sebagai kota wisata dengan branding “Beautiful Malang” yang belum mencangkup aspek Tribina Cita Kota Malang yaitu pendidikan dan industri. Branding ini justru menguntungkan kota lainnya yang memiliki kawasan wisata yang lebih baik. Disisi lain visual branding “Beautiful Malang” tidak merepresentasikan Kota Malang yang memiliki berbagai potensi dan tidak konsisten dalam penerapan visual brand pada beberapa media. Positioning Kota Malang sebagai kota wisata belum menciptakan diferensiasi yang kuat pada benak target audience. Maka dari itu sangat penting dilakukan repositioning Kota Malang untuk menciptakan diferensiasi sehingga dapat mengubah persepsi target audience terhadap Kota Malang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking yang memiliki lima tahapan dimulai dari emphaty, define, ideate, prototype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Humas Kota Malang, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan target audience. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis sehingga ditemukan sintesis data sebagai pijakan dalam melakukan perancangan. Dari sintesis ditemukan solusi permasalahan yaitu dengan cara mengembalikan citra Kota Malang sebagai kota pendidikan. Dalam memposisikan ulang citra Kota Malang kepada target audience, perancang melakukan rebranding Kota Malang “Beautiful Malang” yang mencitrakan kota wisata dirubah menjadi branding baru yaitu “Malang bersinergi” yang memuat 3 aspek citra Kota Malang yaitu sebagai kota pendidikan, kota industri dan kota wisata. Namun pada proses repositioning dikuatkan pada poin yang pertama yaitu Malang sebagai kota pendidikan.Terdapat beberapa teori yang digunakan daintaranya yaitu teori repositioning digunakan untuk memposisikan kembali Kota Malang sebagai kota pendidikan, teori city branding digunakan dalam strategi merancang branding, teori desain komunikasi visual digunakan untuk merancang media komunikasi visual yang akan disampaikan kepada target audience. Sumbangan perancangan ini bagi perkembangan ilmu desain komunikasi visual adalah proses eksplorasi logo yang dibentuk menggunakan teori perhitungan golden ratio. Yogyakarta xiii + 152 hal.; ilus.: 30 cm TES/DK/War/p/2019 http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Repositioning, Rebranding, City Branding, Kota Pen
TES/DK/War/p/2019
spellingShingle Repositioning, Rebranding, City Branding, Kota Pen
TES/DK/War/p/2019
WARSAA, Yogi Widya Saka
Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan
description Kota Malang memiliki positioning sebagai kota wisata dengan branding “Beautiful Malang” yang belum mencangkup aspek Tribina Cita Kota Malang yaitu pendidikan dan industri. Branding ini justru menguntungkan kota lainnya yang memiliki kawasan wisata yang lebih baik. Disisi lain visual branding “Beautiful Malang” tidak merepresentasikan Kota Malang yang memiliki berbagai potensi dan tidak konsisten dalam penerapan visual brand pada beberapa media. Positioning Kota Malang sebagai kota wisata belum menciptakan diferensiasi yang kuat pada benak target audience. Maka dari itu sangat penting dilakukan repositioning Kota Malang untuk menciptakan diferensiasi sehingga dapat mengubah persepsi target audience terhadap Kota Malang.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan design thinking yang memiliki lima tahapan dimulai dari emphaty, define, ideate, prototype dan test. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah Humas Kota Malang, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan target audience. Setelah data diperoleh kemudian data tersebut dianalisis sehingga ditemukan sintesis data sebagai pijakan dalam melakukan perancangan. Dari sintesis ditemukan solusi permasalahan yaitu dengan cara mengembalikan citra Kota Malang sebagai kota pendidikan. Dalam memposisikan ulang citra Kota Malang kepada target audience, perancang melakukan rebranding Kota Malang “Beautiful Malang” yang mencitrakan kota wisata dirubah menjadi branding baru yaitu “Malang bersinergi” yang memuat 3 aspek citra Kota Malang yaitu sebagai kota pendidikan, kota industri dan kota wisata. Namun pada proses repositioning dikuatkan pada poin yang pertama yaitu Malang sebagai kota pendidikan.Terdapat beberapa teori yang digunakan daintaranya yaitu teori repositioning digunakan untuk memposisikan kembali Kota Malang sebagai kota pendidikan, teori city branding digunakan dalam strategi merancang branding, teori desain komunikasi visual digunakan untuk merancang media komunikasi visual yang akan disampaikan kepada target audience. Sumbangan perancangan ini bagi perkembangan ilmu desain komunikasi visual adalah proses eksplorasi logo yang dibentuk menggunakan teori perhitungan golden ratio.
format Tugas Akhir
author WARSAA, Yogi Widya Saka
author_facet WARSAA, Yogi Widya Saka
author_sort WARSAA, Yogi Widya Saka
title Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan
title_short Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan
title_full Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan
title_fullStr Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan
title_full_unstemmed Perancangan Desain Repositioning Kota Malang sebagai Kota Pendidikan
title_sort perancangan desain repositioning kota malang sebagai kota pendidikan
publisher Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42794
_version_ 1741201721975111681