Metode Kelas Musik

Pendidikan musik harus lebih berfungsi, maka pertama-tama pendidikan musik yang berlangsung di sekolah-sekolah harus lebih diperhatikan; sehingga semua sekolah baik yang bersifat umum maupun yang bersifat kejuruan, sepatutnya mendapat pendidikan musik sejak dari Taman Kanak- Kanak hingga perguruan t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BANOE, Pono
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: PT. Indeks 2013
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42803
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pendidikan musik harus lebih berfungsi, maka pertama-tama pendidikan musik yang berlangsung di sekolah-sekolah harus lebih diperhatikan; sehingga semua sekolah baik yang bersifat umum maupun yang bersifat kejuruan, sepatutnya mendapat pendidikan musik sejak dari Taman Kanak- Kanak hingga perguruan tinggi. Bila pendidikan musik diberikan sejak Taman Kanak-Kanak hingga perguruan tinggi dengan porsi 2 jam pelajaran per minggunya, setidak-tidaknya mereka akan lebih tertarik akan masalah musik. Dalam hal ini di sekolahsekolah guru harus lebih banyak memberikan latihan-latihan musik, baik yang bersifat teoretis, maupun yang bersifat praktis. Anak-anak sekolah perlu mendapat bimbingan dan pelajaran main suling, harmonika, biola, piano, gamelan, angklung dan sebagainya. Pelajaran musik yang bersifat vokal dan instrumental harus lebih diperhatikan. Dan bagi anak-anak yang berbakat musik dapat melanjutkan pelajarannya ke sekolah musik, yang khusus ditujukan untuk mengembangkan bakat anak itu. Di Taman Kanak-Kanak sampai perguruan tinggi, pendidikan musik harus merupakan pendidikan yang bersifat pembentukan umum ke arah musik. Dasar-dasar yang fundamental musikal perlu diberikan kepada anak-anak, sehingga mereka mempunyai apresiasi musikal yang memadai.