Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa

Penelitian ini menganalisis formulasi manajemen SPA tradisi di Nurkadhatyan SPA. SPA merupakan salah satu wisata minat khusus kesehatan dan kebugaran yang sedang berkembang. Namun masyarakat dunia belum minat pada aset tradisi dan spiritual yang menjadi aset pada bidang kesehatan dan kebugaran. Pro...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LALITA, Yohana Maya
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42839
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42839
record_format oai_dc
spelling isilib-428392020-11-12T13:26:57Z Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa LALITA, Yohana Maya bisnis_spa PPS ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42839 TES/MTS/Lal/f/2020 Penelitian ini menganalisis formulasi manajemen SPA tradisi di Nurkadhatyan SPA. SPA merupakan salah satu wisata minat khusus kesehatan dan kebugaran yang sedang berkembang. Namun masyarakat dunia belum minat pada aset tradisi dan spiritual yang menjadi aset pada bidang kesehatan dan kebugaran. Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) merupakan destinasi wisata dengan minat khusus budaya. Maka kelima putri Sri Sultan HB X (gubernur dan raja Keraton Yogyakarta) mendirikan SPA tradisi Jawa dengan nama Nurkadhatyan SPA. Peneliti telah mengidentifikasi perusahaan tersebut terkait dengan strategi bisnis yang diterapkan dan bagaimana perusahaan dapat bertahan dan mengatasi persaingan dengan penyedia jasa SPA serupa serta keberhasilan bisnis SPA. Penulitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan analisis SWOT (Strenght-Weakness-Opportunity-Threats). Metode SWOT digunakan untuk mengetahui posisi bisnis Nurkadhatyan SPA berdasarkan faktor internal dan eksternal. Serta untuk mengetahui formulasi strategi bisnis yang bisa digunakan untuk mendukung keberlanjutannya. Posisi bisnis Nurkadhatyan SPA melalui matriks internal-eksternal (IE) menunjukkan growth and build (tumbuh dan bina) karena berada pada posisi IV. Kuadran analisis SWOT bisnis Nurkadhatyan SPA berada pada kuadran I yaitu Expansion. Dengan hasil tersebut maka formulasi strategi yang bisa digunakan adalah SO (strength-opportunity), memanfaatkan kekuatan dan peluang.Kata Kunci : Formulasi Strategi, Bisnis SPA Tradisi, Nurkadhatyan SPA. Yogyakarta xiii + 92 hal.; bib.; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic bisnis_spa
NONE
spellingShingle bisnis_spa
NONE
LALITA, Yohana Maya
Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa
description Penelitian ini menganalisis formulasi manajemen SPA tradisi di Nurkadhatyan SPA. SPA merupakan salah satu wisata minat khusus kesehatan dan kebugaran yang sedang berkembang. Namun masyarakat dunia belum minat pada aset tradisi dan spiritual yang menjadi aset pada bidang kesehatan dan kebugaran. Provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) merupakan destinasi wisata dengan minat khusus budaya. Maka kelima putri Sri Sultan HB X (gubernur dan raja Keraton Yogyakarta) mendirikan SPA tradisi Jawa dengan nama Nurkadhatyan SPA. Peneliti telah mengidentifikasi perusahaan tersebut terkait dengan strategi bisnis yang diterapkan dan bagaimana perusahaan dapat bertahan dan mengatasi persaingan dengan penyedia jasa SPA serupa serta keberhasilan bisnis SPA. Penulitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan analisis SWOT (Strenght-Weakness-Opportunity-Threats). Metode SWOT digunakan untuk mengetahui posisi bisnis Nurkadhatyan SPA berdasarkan faktor internal dan eksternal. Serta untuk mengetahui formulasi strategi bisnis yang bisa digunakan untuk mendukung keberlanjutannya. Posisi bisnis Nurkadhatyan SPA melalui matriks internal-eksternal (IE) menunjukkan growth and build (tumbuh dan bina) karena berada pada posisi IV. Kuadran analisis SWOT bisnis Nurkadhatyan SPA berada pada kuadran I yaitu Expansion. Dengan hasil tersebut maka formulasi strategi yang bisa digunakan adalah SO (strength-opportunity), memanfaatkan kekuatan dan peluang.Kata Kunci : Formulasi Strategi, Bisnis SPA Tradisi, Nurkadhatyan SPA.
format Tugas Akhir
author LALITA, Yohana Maya
author_facet LALITA, Yohana Maya
author_sort LALITA, Yohana Maya
title Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa
title_short Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa
title_full Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa
title_fullStr Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa
title_full_unstemmed Formulasi Manajemen Strategi Spa Tradisi di Nurkadhatyan Spa
title_sort formulasi manajemen strategi spa tradisi di nurkadhatyan spa
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42839
_version_ 1741201730450751488