Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta

SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta menerapkan pembelajaran seni musik sebagai Intrakurikuler di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran seni musik oleh siswa kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan penelitian kualitatif. Da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NUGROHO, Prasetyo Dwi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Musik FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42844
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42844
record_format oai_dc
spelling isilib-428442020-11-12T14:22:52Z Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta NUGROHO, Prasetyo Dwi Musik pendidikan Intrakurikuler musik pembelajaran musik Jur. Musik FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42844 MS/Nug/p/2020 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta menerapkan pembelajaran seni musik sebagai Intrakurikuler di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran seni musik oleh siswa kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Observasi dilakukan peneliti untuk mengetahui masalah yang ada pada objek penelitian. Wawancara dilakukan pada beberapa narasumber, guru, kepala sekolah dan siswa kelas XI IPA 2. Dokumentasi meliputi foto kegiatan kelas XI IPA 2 pada saat pembelajaran di kelas. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi dan penyajian data serta verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran musik band dilaksanakan melalui bebarapa tahap seperti materi, praktek dan ujian di kelas. Materi yang diberikan berupa teori musik, unsur musik dan pengenalan instrumen. Praktek dilakukan ketika siswa telah memilih satu instrumen. Ujian dilaksanakan di akhir pertemuan dengan penampilan grup band yang telah dibentuk di kelas. Metode yang digunakan pada pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan latihan. Guru memberikan teori pada beberapa pertemuan, kemudian mencontohkan permainan instrumen secara langsung. Murid diberikan waktu untuk menyampaikan pendapat dan belajar lebih dalam tentang instrumen yang dipilih dan latihan setiap pertemuan hingga ujian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dengan materi lagu “Zombie” dari Band The Cranberries. Lagu tersebut diberikan karena mudah dipelajari dan diikuti oleh siswa ketika menggunakan instrumen yang sudah dipilih. Hasil penelitian ini dianggap berhasil berdasarkan penilaian yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Yogyakarta xi, 69 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Musik pendidikan
Intrakurikuler musik
pembelajaran musik
NONE
spellingShingle Musik pendidikan
Intrakurikuler musik
pembelajaran musik
NONE
NUGROHO, Prasetyo Dwi
Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
description SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta menerapkan pembelajaran seni musik sebagai Intrakurikuler di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran seni musik oleh siswa kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Observasi dilakukan peneliti untuk mengetahui masalah yang ada pada objek penelitian. Wawancara dilakukan pada beberapa narasumber, guru, kepala sekolah dan siswa kelas XI IPA 2. Dokumentasi meliputi foto kegiatan kelas XI IPA 2 pada saat pembelajaran di kelas. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi dan penyajian data serta verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran musik band dilaksanakan melalui bebarapa tahap seperti materi, praktek dan ujian di kelas. Materi yang diberikan berupa teori musik, unsur musik dan pengenalan instrumen. Praktek dilakukan ketika siswa telah memilih satu instrumen. Ujian dilaksanakan di akhir pertemuan dengan penampilan grup band yang telah dibentuk di kelas. Metode yang digunakan pada pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan latihan. Guru memberikan teori pada beberapa pertemuan, kemudian mencontohkan permainan instrumen secara langsung. Murid diberikan waktu untuk menyampaikan pendapat dan belajar lebih dalam tentang instrumen yang dipilih dan latihan setiap pertemuan hingga ujian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dengan materi lagu “Zombie” dari Band The Cranberries. Lagu tersebut diberikan karena mudah dipelajari dan diikuti oleh siswa ketika menggunakan instrumen yang sudah dipilih. Hasil penelitian ini dianggap berhasil berdasarkan penilaian yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa.
format Tugas Akhir
author NUGROHO, Prasetyo Dwi
author_facet NUGROHO, Prasetyo Dwi
author_sort NUGROHO, Prasetyo Dwi
title Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
title_short Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
title_full Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
title_fullStr Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
title_full_unstemmed Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
title_sort pembelajaran intrakurikuler musik band di sma muhammadiyah 4 yogyakarta
publisher Jur. Musik FSP ISI Yk.
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42844
_version_ 1741201731420684288