Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta
SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta menerapkan pembelajaran seni musik sebagai Intrakurikuler di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran seni musik oleh siswa kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan penelitian kualitatif. Da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Musik FSP ISI Yk.
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42844 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42844 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-428442020-11-12T14:22:52Z Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta NUGROHO, Prasetyo Dwi Musik pendidikan Intrakurikuler musik pembelajaran musik Jur. Musik FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42844 MS/Nug/p/2020 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta menerapkan pembelajaran seni musik sebagai Intrakurikuler di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran seni musik oleh siswa kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Observasi dilakukan peneliti untuk mengetahui masalah yang ada pada objek penelitian. Wawancara dilakukan pada beberapa narasumber, guru, kepala sekolah dan siswa kelas XI IPA 2. Dokumentasi meliputi foto kegiatan kelas XI IPA 2 pada saat pembelajaran di kelas. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi dan penyajian data serta verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran musik band dilaksanakan melalui bebarapa tahap seperti materi, praktek dan ujian di kelas. Materi yang diberikan berupa teori musik, unsur musik dan pengenalan instrumen. Praktek dilakukan ketika siswa telah memilih satu instrumen. Ujian dilaksanakan di akhir pertemuan dengan penampilan grup band yang telah dibentuk di kelas. Metode yang digunakan pada pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan latihan. Guru memberikan teori pada beberapa pertemuan, kemudian mencontohkan permainan instrumen secara langsung. Murid diberikan waktu untuk menyampaikan pendapat dan belajar lebih dalam tentang instrumen yang dipilih dan latihan setiap pertemuan hingga ujian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dengan materi lagu “Zombie” dari Band The Cranberries. Lagu tersebut diberikan karena mudah dipelajari dan diikuti oleh siswa ketika menggunakan instrumen yang sudah dipilih. Hasil penelitian ini dianggap berhasil berdasarkan penilaian yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Yogyakarta xi, 69 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Musik pendidikan Intrakurikuler musik pembelajaran musik NONE |
spellingShingle |
Musik pendidikan Intrakurikuler musik pembelajaran musik NONE NUGROHO, Prasetyo Dwi Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta |
description |
SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta menerapkan pembelajaran seni musik sebagai Intrakurikuler di sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran seni musik oleh siswa kelas XI IPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dengan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Observasi dilakukan peneliti untuk mengetahui masalah yang ada pada objek penelitian. Wawancara dilakukan pada beberapa narasumber, guru, kepala sekolah dan siswa kelas XI IPA 2. Dokumentasi meliputi foto kegiatan kelas XI IPA 2 pada saat pembelajaran di kelas. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi dan penyajian data serta verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran musik band dilaksanakan melalui bebarapa tahap seperti materi, praktek dan ujian di kelas. Materi yang diberikan berupa teori musik, unsur musik dan pengenalan instrumen. Praktek dilakukan ketika siswa telah memilih satu instrumen. Ujian dilaksanakan di akhir pertemuan dengan penampilan grup band yang telah dibentuk di kelas. Metode yang digunakan pada pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi dan latihan. Guru memberikan teori pada beberapa pertemuan, kemudian mencontohkan permainan instrumen secara langsung. Murid diberikan waktu untuk menyampaikan pendapat dan belajar lebih dalam tentang instrumen yang dipilih dan latihan setiap pertemuan hingga ujian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta, dengan materi lagu “Zombie” dari Band The Cranberries. Lagu tersebut diberikan karena mudah dipelajari dan diikuti oleh siswa ketika menggunakan instrumen yang sudah dipilih. Hasil penelitian ini dianggap berhasil berdasarkan penilaian yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. |
format |
Tugas Akhir |
author |
NUGROHO, Prasetyo Dwi |
author_facet |
NUGROHO, Prasetyo Dwi |
author_sort |
NUGROHO, Prasetyo Dwi |
title |
Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta |
title_short |
Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta |
title_full |
Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta |
title_fullStr |
Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Pembelajaran Intrakurikuler Musik Band di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta |
title_sort |
pembelajaran intrakurikuler musik band di sma muhammadiyah 4 yogyakarta |
publisher |
Jur. Musik FSP ISI Yk. |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42844 |
_version_ |
1741201731420684288 |