Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat

Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SYAFINA, Suci Nur
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jur. Tari FSP ISI Yk. 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42891
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42891
record_format oai_dc
spelling isilib-428912020-11-17T09:46:11Z Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat SYAFINA, Suci Nur tari golek Koreografi Jur. Tari FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42891 ST.PKJ/Sya/a/2020 Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi pembelajaran oleh salah satu organisasi seni yaitu Paguyuban Kesenian Suryokencono. Tari Golek Puspowarno menggambarkan tentang remaja putri yang sedang bersolek atau berhias. Puspowarno sendiri memiliki arti puspa yang berarti bunga dan warna yang berarti beragam. Bunga merupakan perlambangan wanita yang sedang mekar atau beranjak dewasa. Kemunculan tari Golek Puspowarno merupakan sebuah pengembangan dari tari Pudjoretno. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi. Pendekatan koreografi dilakukan untuk melihat suatu tarian sebagai produk yang dianalisis dari segi kreografinya yaitu dari segi bentuk, teknik, dan isi. Pada aspek kebentukan tari ini akan dikupas mengenai keutuhan, variasi, repetisi, transisi, rangkaian, dan klimaks pada tari Golek Puspowarno. Konsep teknik mengupas tentang persoalan kepenarian baik dari segi sikap dan gerak pada tari Golek Puspowarno. Konsep isi mengupas tentang persoalan makna dari gerak, iringan tari, dan busana pada tari Golek Puspowarno. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Golek Puspowarno ini merupakan tari klasik gaya Yogyakarta ciptaan baru yang memiliki kesederhanaan dalam ragam gerak yang digunakan, sehingga dalam tari Golek Puspowarno ini tidak banyak menggunakan variasi gerak, menggunakan repetisi gerak yang sama hanya berbeda pada gerak kaki atau tangan (kiri dan kanan), serta tempo iringan yang digunakan termasuk ajeg dan tidak banyak terlihat perubahan-perubahan irama gending. Yogyakarta xii, 120 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic tari golek
Koreografi
NONE
spellingShingle tari golek
Koreografi
NONE
SYAFINA, Suci Nur
Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
description Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi pembelajaran oleh salah satu organisasi seni yaitu Paguyuban Kesenian Suryokencono. Tari Golek Puspowarno menggambarkan tentang remaja putri yang sedang bersolek atau berhias. Puspowarno sendiri memiliki arti puspa yang berarti bunga dan warna yang berarti beragam. Bunga merupakan perlambangan wanita yang sedang mekar atau beranjak dewasa. Kemunculan tari Golek Puspowarno merupakan sebuah pengembangan dari tari Pudjoretno. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi. Pendekatan koreografi dilakukan untuk melihat suatu tarian sebagai produk yang dianalisis dari segi kreografinya yaitu dari segi bentuk, teknik, dan isi. Pada aspek kebentukan tari ini akan dikupas mengenai keutuhan, variasi, repetisi, transisi, rangkaian, dan klimaks pada tari Golek Puspowarno. Konsep teknik mengupas tentang persoalan kepenarian baik dari segi sikap dan gerak pada tari Golek Puspowarno. Konsep isi mengupas tentang persoalan makna dari gerak, iringan tari, dan busana pada tari Golek Puspowarno. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Golek Puspowarno ini merupakan tari klasik gaya Yogyakarta ciptaan baru yang memiliki kesederhanaan dalam ragam gerak yang digunakan, sehingga dalam tari Golek Puspowarno ini tidak banyak menggunakan variasi gerak, menggunakan repetisi gerak yang sama hanya berbeda pada gerak kaki atau tangan (kiri dan kanan), serta tempo iringan yang digunakan termasuk ajeg dan tidak banyak terlihat perubahan-perubahan irama gending.
format Tugas Akhir
author SYAFINA, Suci Nur
author_facet SYAFINA, Suci Nur
author_sort SYAFINA, Suci Nur
title Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
title_short Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
title_full Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
title_fullStr Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
title_full_unstemmed Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
title_sort analisis koreografi tari golek puspowarno karya k.r.t. kusumaningrat
publisher Jur. Tari FSP ISI Yk.
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42891
_version_ 1741201741023543296