Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat
Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Jur. Tari FSP ISI Yk.
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42891 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42891 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-428912020-11-17T09:46:11Z Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat SYAFINA, Suci Nur tari golek Koreografi Jur. Tari FSP ISI Yk. 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42891 ST.PKJ/Sya/a/2020 Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi pembelajaran oleh salah satu organisasi seni yaitu Paguyuban Kesenian Suryokencono. Tari Golek Puspowarno menggambarkan tentang remaja putri yang sedang bersolek atau berhias. Puspowarno sendiri memiliki arti puspa yang berarti bunga dan warna yang berarti beragam. Bunga merupakan perlambangan wanita yang sedang mekar atau beranjak dewasa. Kemunculan tari Golek Puspowarno merupakan sebuah pengembangan dari tari Pudjoretno. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi. Pendekatan koreografi dilakukan untuk melihat suatu tarian sebagai produk yang dianalisis dari segi kreografinya yaitu dari segi bentuk, teknik, dan isi. Pada aspek kebentukan tari ini akan dikupas mengenai keutuhan, variasi, repetisi, transisi, rangkaian, dan klimaks pada tari Golek Puspowarno. Konsep teknik mengupas tentang persoalan kepenarian baik dari segi sikap dan gerak pada tari Golek Puspowarno. Konsep isi mengupas tentang persoalan makna dari gerak, iringan tari, dan busana pada tari Golek Puspowarno. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Golek Puspowarno ini merupakan tari klasik gaya Yogyakarta ciptaan baru yang memiliki kesederhanaan dalam ragam gerak yang digunakan, sehingga dalam tari Golek Puspowarno ini tidak banyak menggunakan variasi gerak, menggunakan repetisi gerak yang sama hanya berbeda pada gerak kaki atau tangan (kiri dan kanan), serta tempo iringan yang digunakan termasuk ajeg dan tidak banyak terlihat perubahan-perubahan irama gending. Yogyakarta xii, 120 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
tari golek Koreografi NONE |
spellingShingle |
tari golek Koreografi NONE SYAFINA, Suci Nur Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat |
description |
Tari Golek Puspowarno merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh R.Ay. Sri Kadarjati atau K.R.T. Kusumaningrat pada tahun 2015. Tari ini pertama kali dipentaskan pada acara yang dilaksanakan di ndalem Yudhaningratan, pada Desember 2015. Tari Golek Puspowarno kemudian dikembangkan dan menjadi materi pembelajaran oleh salah satu organisasi seni yaitu Paguyuban Kesenian Suryokencono. Tari Golek Puspowarno menggambarkan tentang remaja putri yang sedang bersolek atau berhias. Puspowarno sendiri memiliki arti puspa yang berarti bunga dan warna yang berarti beragam. Bunga merupakan perlambangan wanita yang sedang mekar atau beranjak dewasa. Kemunculan tari Golek Puspowarno merupakan sebuah pengembangan dari tari Pudjoretno. Penelitian ini menggunakan pendekatan koreografi. Pendekatan koreografi dilakukan untuk melihat suatu tarian sebagai produk yang dianalisis dari segi kreografinya yaitu dari segi bentuk, teknik, dan isi. Pada aspek kebentukan tari ini akan dikupas mengenai keutuhan, variasi, repetisi, transisi, rangkaian, dan klimaks pada tari Golek Puspowarno. Konsep teknik mengupas tentang persoalan kepenarian baik dari segi sikap dan gerak pada tari Golek Puspowarno. Konsep isi mengupas tentang persoalan makna dari gerak, iringan tari, dan busana pada tari Golek Puspowarno. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa tari Golek Puspowarno ini merupakan tari klasik gaya Yogyakarta ciptaan baru yang memiliki kesederhanaan dalam ragam gerak yang digunakan, sehingga dalam tari Golek Puspowarno ini tidak banyak menggunakan variasi gerak, menggunakan repetisi gerak yang sama hanya berbeda pada gerak kaki atau tangan (kiri dan kanan), serta tempo iringan yang digunakan termasuk ajeg dan tidak banyak terlihat perubahan-perubahan irama gending. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SYAFINA, Suci Nur |
author_facet |
SYAFINA, Suci Nur |
author_sort |
SYAFINA, Suci Nur |
title |
Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat |
title_short |
Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat |
title_full |
Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat |
title_fullStr |
Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat |
title_full_unstemmed |
Analisis Koreografi Tari Golek Puspowarno Karya K.R.T. Kusumaningrat |
title_sort |
analisis koreografi tari golek puspowarno karya k.r.t. kusumaningrat |
publisher |
Jur. Tari FSP ISI Yk. |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42891 |
_version_ |
1741201741023543296 |