Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra kuliner Pendopo Lawas terhadap keputusan berkunjung. Citra yang dibangun oleh Pendopo Lawas adalah angkringan khas Jogja yang telah di modifikasi bentuk dan juga fungsi dari angkringan pada umumnya atau bisa dikatakan Pendopo Lawas adalah an...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Christiningsih
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2020
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42904
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42904
record_format oai_dc
spelling isilib-429042020-11-17T14:51:40Z Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas. Christiningsih Keputusan Berkunjung kuliner Citra PPS ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42904 TES/VG/Agu/p/2020 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra kuliner Pendopo Lawas terhadap keputusan berkunjung. Citra yang dibangun oleh Pendopo Lawas adalah angkringan khas Jogja yang telah di modifikasi bentuk dan juga fungsi dari angkringan pada umumnya atau bisa dikatakan Pendopo Lawas adalah angkringan yang sudah termoderenisasi. Letak yang strategis di pusat kota Yogyakarta juga menjadi salah satu keuntungan bagi Pendopo Lawas. Dengan adanya hal ini, banyak pengunjung yang berkunjung ke pusat kota Yogyakarta (Malioboro, Keraton, Alun-alun dll) juga berkunjung ke Pendopo Lawas karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Citra kuliner menurut Kim et al (2011) terbagi menjadi 2 yaitu(1) nilai yang dirasakan,mempunyai 4 dimensi, antara lain Freshness (kesegaran makanan), Presentation (penyajian makanan), Well Cooked (Makanan sudah matang) dan Variety ofFood(Keanekaragaman makanan) dan (2) kepuasan konsumen, mempunyai 3 dimensi,antara lain Fulfillment(Kelengkapan makanan), leasure(Kesenangan), dan Ambivalence (Perasaan).Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan metode analisis regresi linier bergandaserta menggunakan alat uji angket atau kuisioner dengan teknik accidental sampling yang dibagikan secara langsung di Pendopo Lawas, dan purposive samplingmelalui google form. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh citra kuliner terhadap keputusan berkunjung ke Pendopo Lawas sebesar 69,9%. Adanya presentase tersebut di dapatkan dari hasil regresi linier berganda dengan menggunakan uji T, Uji F dan juga R Square. Hal ini menunjukkan bahwa citra kuliner memiliki pengaruh terhadapkeputusan berkunjung dengan nilai yang signifikan dan jika dilihat dari karakteristik responden, terdapat perbedaan persepsi citra kuliner (nilai yang dirasakan dan kepuasan konsumen) terhadap keputusan berkunjung. Yogyakarta xvi, 143 hal.: ill.; 29 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Keputusan Berkunjung
kuliner
Citra
NONE
spellingShingle Keputusan Berkunjung
kuliner
Citra
NONE
Christiningsih
Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.
description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra kuliner Pendopo Lawas terhadap keputusan berkunjung. Citra yang dibangun oleh Pendopo Lawas adalah angkringan khas Jogja yang telah di modifikasi bentuk dan juga fungsi dari angkringan pada umumnya atau bisa dikatakan Pendopo Lawas adalah angkringan yang sudah termoderenisasi. Letak yang strategis di pusat kota Yogyakarta juga menjadi salah satu keuntungan bagi Pendopo Lawas. Dengan adanya hal ini, banyak pengunjung yang berkunjung ke pusat kota Yogyakarta (Malioboro, Keraton, Alun-alun dll) juga berkunjung ke Pendopo Lawas karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota. Citra kuliner menurut Kim et al (2011) terbagi menjadi 2 yaitu(1) nilai yang dirasakan,mempunyai 4 dimensi, antara lain Freshness (kesegaran makanan), Presentation (penyajian makanan), Well Cooked (Makanan sudah matang) dan Variety ofFood(Keanekaragaman makanan) dan (2) kepuasan konsumen, mempunyai 3 dimensi,antara lain Fulfillment(Kelengkapan makanan), leasure(Kesenangan), dan Ambivalence (Perasaan).Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan metode analisis regresi linier bergandaserta menggunakan alat uji angket atau kuisioner dengan teknik accidental sampling yang dibagikan secara langsung di Pendopo Lawas, dan purposive samplingmelalui google form. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh citra kuliner terhadap keputusan berkunjung ke Pendopo Lawas sebesar 69,9%. Adanya presentase tersebut di dapatkan dari hasil regresi linier berganda dengan menggunakan uji T, Uji F dan juga R Square. Hal ini menunjukkan bahwa citra kuliner memiliki pengaruh terhadapkeputusan berkunjung dengan nilai yang signifikan dan jika dilihat dari karakteristik responden, terdapat perbedaan persepsi citra kuliner (nilai yang dirasakan dan kepuasan konsumen) terhadap keputusan berkunjung.
format Tugas Akhir
author Christiningsih
author_facet Christiningsih
author_sort Christiningsih
title Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.
title_short Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.
title_full Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.
title_fullStr Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.
title_full_unstemmed Pengaruh Citra Kuliner Terhadap Keputusan Berkunjung di Pendopo Lawas.
title_sort pengaruh citra kuliner terhadap keputusan berkunjung di pendopo lawas.
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2020
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42904
_version_ 1741201743448899584