Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.

Asthabrata sebagai konsep kepemimpinan Jawa penting untuk diangkat kembali mengingat krisis kepemimpinan di Indonesia menjadi persoalan mendasar pada menurunnya kualitas hidup masyarakat, baik secara fisik, mental maupun spiritual. Kondisi tersebut menghambat terciptanya lingkungan yang baik bagi pe...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEKARTAJI, Galuh
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2019
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42905
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-42905
record_format oai_dc
spelling isilib-429052020-11-17T14:57:59Z Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata. SEKARTAJI, Galuh Media edukasi anak pendidikan karakter Literasi anak perancangan buku Buku cerita bergambar anak Asthabrata PPS ISI Yogyakarta 2019 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42905 TES/DK/Sek/2019 Asthabrata sebagai konsep kepemimpinan Jawa penting untuk diangkat kembali mengingat krisis kepemimpinan di Indonesia menjadi persoalan mendasar pada menurunnya kualitas hidup masyarakat, baik secara fisik, mental maupun spiritual. Kondisi tersebut menghambat terciptanya lingkungan yang baik bagi perkembangan karakter anak-anak. Maka Asthabrata perlu dikenalkan sejak dini melalui bentuk baru, yaitu buku cerita bergambar untuk memberi gambaran perilaku yang baik bagi anak-anak. Langkah pertama adalah menyusun Asthabrata versi anak dengan metode 3N (niteni, nirokake, nambahi) yang melibatkan pengalaman interaksi anak-anak dengan elemen alam Asthabrata. Selanjutnya Asthabrata sebagai konsep yang masih bersifat abstrak diadaptasi menjadi bentuk narasi teks 8 bab, dan visualisasi dengan metafora. Perancangan buku cerita bergambar ini menggunakan pedagogik jiwa merdeka dan teori belajar sosial dari Albert Bandura. Asthabrata dan pedagogik jiwa merdeka membentuk karakter tokoh yang bersemangat, bersahabat, berani menghadapi tantangan, peka terhadap kondisi sekitar, dan memiliki inisiatif. Maka menghasilkan buku cerita interaktif dengan teknik pop-up , bertema petualangan, komposisi layout dinamis asimetris, gaya ilustrasi memadukan karakter kartun, surealis, dengan teknik handdrawing menggunakan pastel, cat air dan pensil warna. Kesan dramatis disampaikan melalui ekspresi tokoh dan ekspresi garis, dan layering warna hue pada background yang memberi kedalaman emosi. Ilustrasi berfokus pada apa yang dilakukan para tokoh dan elemen alam yang sedang dibahas. Perancangan ini adalah pertama kalinya Asthabrata diajarkan untuk anak-anak. Karakter memiliki peranan penting untuk mengajarkan anak tentang beragam emosi dan ekspresi. Peran ilustrasi beserta elemen visual dalam buku cerita bergambardapat menggambarkan kedalaman emosi, menyederhanakan kompleksitas cerita dan mengungkapkan apa yang tidak tersampaikan oleh bahasa verbal. Yogyakarta vii, 196 hal.: ill.; 29 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Media edukasi anak
pendidikan karakter
Literasi anak
perancangan buku
Buku cerita bergambar anak
Asthabrata
NONE
spellingShingle Media edukasi anak
pendidikan karakter
Literasi anak
perancangan buku
Buku cerita bergambar anak
Asthabrata
NONE
SEKARTAJI, Galuh
Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.
description Asthabrata sebagai konsep kepemimpinan Jawa penting untuk diangkat kembali mengingat krisis kepemimpinan di Indonesia menjadi persoalan mendasar pada menurunnya kualitas hidup masyarakat, baik secara fisik, mental maupun spiritual. Kondisi tersebut menghambat terciptanya lingkungan yang baik bagi perkembangan karakter anak-anak. Maka Asthabrata perlu dikenalkan sejak dini melalui bentuk baru, yaitu buku cerita bergambar untuk memberi gambaran perilaku yang baik bagi anak-anak. Langkah pertama adalah menyusun Asthabrata versi anak dengan metode 3N (niteni, nirokake, nambahi) yang melibatkan pengalaman interaksi anak-anak dengan elemen alam Asthabrata. Selanjutnya Asthabrata sebagai konsep yang masih bersifat abstrak diadaptasi menjadi bentuk narasi teks 8 bab, dan visualisasi dengan metafora. Perancangan buku cerita bergambar ini menggunakan pedagogik jiwa merdeka dan teori belajar sosial dari Albert Bandura. Asthabrata dan pedagogik jiwa merdeka membentuk karakter tokoh yang bersemangat, bersahabat, berani menghadapi tantangan, peka terhadap kondisi sekitar, dan memiliki inisiatif. Maka menghasilkan buku cerita interaktif dengan teknik pop-up , bertema petualangan, komposisi layout dinamis asimetris, gaya ilustrasi memadukan karakter kartun, surealis, dengan teknik handdrawing menggunakan pastel, cat air dan pensil warna. Kesan dramatis disampaikan melalui ekspresi tokoh dan ekspresi garis, dan layering warna hue pada background yang memberi kedalaman emosi. Ilustrasi berfokus pada apa yang dilakukan para tokoh dan elemen alam yang sedang dibahas. Perancangan ini adalah pertama kalinya Asthabrata diajarkan untuk anak-anak. Karakter memiliki peranan penting untuk mengajarkan anak tentang beragam emosi dan ekspresi. Peran ilustrasi beserta elemen visual dalam buku cerita bergambardapat menggambarkan kedalaman emosi, menyederhanakan kompleksitas cerita dan mengungkapkan apa yang tidak tersampaikan oleh bahasa verbal.
format Tugas Akhir
author SEKARTAJI, Galuh
author_facet SEKARTAJI, Galuh
author_sort SEKARTAJI, Galuh
title Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.
title_short Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.
title_full Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.
title_fullStr Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.
title_full_unstemmed Perancangan Buku Cerita Bergambar Anak Tentang Pendidikan Karakter Dalam Konsep Asthabrata.
title_sort perancangan buku cerita bergambar anak tentang pendidikan karakter dalam konsep asthabrata.
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2019
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42905
_version_ 1741201743633448960