Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture.
Perkembangan budaya K-Pop beberapa tahun ini sangat melonjak tinggi. Penggemar dari budaya K-Pop memiliki banyak penggemar berat, terutama dikalangan remaja. Selain membawa dampak baik bagi para penggemar remajanya, tentu akan ada dampak buruk yang terjadi. Di Indonesia sendiri, suda banyak kasus-ka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2020
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42937 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-42937 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-429372020-11-20T09:27:57Z Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. LUTFIA, Fatsari Hayina Dampak Negatif Remaja Web Comic K-POP FSR ISI Yogyakarta 2020 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42937 DKV/Lut/p/2020 Perkembangan budaya K-Pop beberapa tahun ini sangat melonjak tinggi. Penggemar dari budaya K-Pop memiliki banyak penggemar berat, terutama dikalangan remaja. Selain membawa dampak baik bagi para penggemar remajanya, tentu akan ada dampak buruk yang terjadi. Di Indonesia sendiri, suda banyak kasus-kasus negatif yang berhubungan atau bersangkutan dengan budaya K-Pop. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sikap fanatik yang berlebihan dan kurangnya informasi yang dapat memperingati atau mencegahnya diawal. Terutama bagi para remaja, yang pada masa perkembangannya masih belum memahami mana yang baik dilakukan dan yang tidak. Tujuan dari perancangan web comic ini adalah untuk membantu memberikan pengertian dan pengarahan, khususnya para penggemar remaja, tentang apa saja dampak buruk dari budaya K-Pop. Disajikan dengan ilustrasi dan jalan cerita yang menarik sehingga penggemar remaja tersebut diharapkan dapat memahami dan menghindari dampak negatif tersebut. Metode perancangan yang dipakai untuk merancang buku ini menggunakan 5W dan 1H. Proses perancangan web comic ini dilakukan dengan observasi melalui literatur mengenai budaya K-Pop, perkembangan remaja, hingga fanatisme. Selain itu, observasi juga dilakukan melalui kuisoner yang disebarkan ke beberapa remaja yang merupakan penggemar K-Pop dan wawancara kepada beberapa penggemar budaya K-Pop. Hasil dari perancangan ini adalah web comic yang menceritakan tentang pengalaman-pengalaman yang dialami oleh beberapa remaja yang merupakan penggemar K-Pop, dan bagaimana mereka belajar dari pengalaman tersebut. Yogyakarta NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Dampak Negatif Remaja Web Comic K-POP NONE |
spellingShingle |
Dampak Negatif Remaja Web Comic K-POP NONE LUTFIA, Fatsari Hayina Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. |
description |
Perkembangan budaya K-Pop beberapa tahun ini sangat melonjak tinggi. Penggemar dari budaya K-Pop memiliki banyak penggemar berat, terutama dikalangan remaja. Selain membawa dampak baik bagi para penggemar remajanya, tentu akan ada dampak buruk yang terjadi. Di Indonesia sendiri, suda banyak kasus-kasus negatif yang berhubungan atau bersangkutan dengan budaya K-Pop. Hal ini sangat mungkin terjadi karena sikap fanatik yang berlebihan dan kurangnya informasi yang dapat memperingati atau mencegahnya diawal. Terutama bagi para remaja, yang pada masa perkembangannya masih belum memahami mana yang baik dilakukan dan yang tidak. Tujuan dari perancangan web comic ini adalah untuk membantu memberikan pengertian dan pengarahan, khususnya para penggemar remaja, tentang apa saja dampak buruk dari budaya K-Pop. Disajikan dengan ilustrasi dan jalan cerita yang menarik sehingga penggemar remaja tersebut diharapkan dapat memahami dan menghindari dampak negatif tersebut. Metode perancangan yang dipakai untuk merancang buku ini menggunakan 5W dan 1H. Proses perancangan web comic ini dilakukan dengan observasi melalui literatur mengenai budaya K-Pop, perkembangan remaja, hingga fanatisme. Selain itu, observasi juga dilakukan melalui kuisoner yang disebarkan ke beberapa remaja yang merupakan penggemar K-Pop dan wawancara kepada beberapa penggemar budaya K-Pop. Hasil dari perancangan ini adalah web comic yang menceritakan tentang pengalaman-pengalaman yang dialami oleh beberapa remaja yang merupakan penggemar K-Pop, dan bagaimana mereka belajar dari pengalaman tersebut. |
format |
Tugas Akhir |
author |
LUTFIA, Fatsari Hayina |
author_facet |
LUTFIA, Fatsari Hayina |
author_sort |
LUTFIA, Fatsari Hayina |
title |
Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. |
title_short |
Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. |
title_full |
Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. |
title_fullStr |
Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. |
title_full_unstemmed |
Perancangan Web Comic Pembelajaran Menghadapi Dampak Negatif Korean Pop Culture. |
title_sort |
perancangan web comic pembelajaran menghadapi dampak negatif korean pop culture. |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2020 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=42937 |
_version_ |
1741201749841018880 |